Berkunjung ke Tana Toraja, Andi Muhammad : Kakek Saya Puang Sangalla

SOROTMAKASSAR - MAKALE.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menerima kunjungan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, di rujab Bupati, Senin (27/06/2022).

Turut hadir Danrem 141 Toddopuli, Brigjen Jashar Djamil, Forkopimda, Persit Chandra Kirana, dan para pimpinan OPD.

Pangdam Andi Muhammad mengatakan, luar biasa pemandangan di rujab Bupati Tana Toraja. Dan kehadiran saya di Tana Toraja ini terasa berada di kampung sendiri.

"Meskipun saya lahir di Makassar, dan menjadi Akabri serta pernah tugas mulai dari Sabang sampai Merauke. Namun saya dengan Bupati Theofilus sama-sama cucu dari Puang Sangalla," ujarnya.

Diakui Andi Muhammad, semua daerah di Indonesia punya adat istiadat berbeda, namun budaya menjadi kekayaan kita luar biasa bahkan jadi ikon Indonesia.

Kata Andi Muhammad, kakek saya Puang Sangalla adalah Raja Bone yang sempat ditawan di Toraja, dan yang urus dan bantu Puang Sangalla yakni kakak saya bersama Bung Theo.

"Dan kunjungan ke Toraja sudah lama direncanakan, namun baru kesempatan ini diwujudkan. Bahkan saat saya masih pencinta alam kerap jalan kaki dari Makale ke Rantepao tembus ke Palopo," kisahnya.

"Pak Bupati jaga keamanan kampungta (Tondokta) Toraja dari ancaman intoleran dan radikalisme meskipun dari dulu Toraja selalu kondusif karena tingginya persaudaraan," ucap Andi Muhammad.

Sebelumnya Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengatakan, bahagia warga Toraja hari ini sebab Pangdam pulang kampung.

Menurut Bung Theo, Toraja ini laboratorium toleransi di Indonesia sebab nilai budaya dan tatanan sosial terpelihara baik. Dan bukti Toraja sudah pesat perkembangannya, Pangdam ke Toraja tidak dapat tiket melalui Toraja Airport sehingga harus menempuh penerbangan ke Luwu.

"Sikap Jenderal Bintang Dua ini harusnya jadi contoh buat kita semua, kedepankan budaya antri. Luar biasa hebat dan atensi Pak Jenderal," pungkas Theo. (ainul)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN