Pelantikan Digelar Hybrid, DP Puji NA Padukan Luring dan Daring

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Wali Kota Makassar terpilih Danny Pomanto (DP) mengapresiasi langkah Gubernur Sulsel menggelar pelantikan Kepala Daerah secara semi virtual atau hybrid.



Pelantikan semi virtual atau secara luring (luar jaringan, red) dan daring itu dinilainya tetap menjaga kesakralan pelantikan. Hal yang diiniasi oleh gubernur ini menggelar dianggap luar biasa.

"Saya juga menyampaikan ke beliau, terima kasih karena di atas ekspektasi kami. Kalau kami lihat virtual itu sakralisasinya tidak terlalu penuh," kata Danny Pomanto.

Ia menyatakan pelantikan model hybrid ini diusulkan Nurdin ke Kemendagri dan diterima.

"Saya kira itulah hal-hal yang diimpikan kami kepala daerah bahwa dilantik jelas ada pemasangan pangkat dan tanda jabatan. Nah itu sakralnya penuh," sebutnya.

Apresiasi ini dinyatakan Danny telah disampaikan juga di media. Pelantikan kepala daerah sakralitasnya secara kultural tetap dijaga di Sulsel.

"Saya kira ini baru di Indonesia, ini satu-satunya dan itu ada tertulis dan kita diberi diskresi untuk itu," ungkapnya.

Sebelumnya, Nurdin Abdullah menyatakan telah bertemu dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri di Makassar dua hari lalu (21/2).

Kemendagri telah menyetujui untuk melaksanakan pelantikan secara hybrid yang nantinya akan digelar pada 26 Februari mendatang, yang akan digelar di Baruga Karaeng Pattingaloang Rumah Jabatan Gubernur.

"Pertemuan bersama Dirjen (Otda) yang diutus oleh Pak Menteri (Mendagri) ke sini. Yang inti saya mau sampaikan bahwa, surat kita untuk pelantikan hybrid itu direstui. Jadi nanti pelantikannya di Makassar, ibu kota provinsi," ungkapnya.

Adapun sebelas daerah yang kepala daerahnya akan dilantik adalah Kabupaten Gowa, Maros, Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Barru, Soppeng,  Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Bulukumba, Kepulauan Selayar, dan Kota Makassar.

Diketahui, bahwa 12 daerah berpilkada di Sulsel. Satu pasangan kepala daerah lainnya, yakni Bupati-Wakil Bupati Toraja Utara akan dilantik Maret 2021 mendatang, karena masa tugas bupati sebelumnya sampai bulan Maret 2021. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN