Masyarakat Selayar Ramai Perbincangkan Bakal Calon Pendamping Prof Akbar Silo

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Selain nama petahana, HM Basli Ali dan wakilnya Dr H Zainuddin, SH, MH, ada sejumlah nama bakal calon Bupati Kepulauan Selayar periode 2021-2024 yang dinilai layak dan telah bermunculan bagaikan jamur yang tumbuh dimusim penghujan.

Namun yang sudah menjadi buah bibir masyarakat di semua kalangan hingga di Warung Coffee, Warung Makan dan kantor-kantor saat istirahat, pasar dan bahkan telah memasuki area acara pernikahan adalah putra pasangan Syamsuddin Dg Maccora (Baera-Palemba) dan Andi Tuang (Parak-Pariangan).

Dia adalah Prof Dr Drs H Akbar Silo, M.S yang saat ini menduduki jabatan Kepala Badan Pengembangan Inovasi dan Kinerja di Universitas Cendrawasih (Uncen), Papua. Ditempat-tempat tertentu, Prof Akbar semakin ramai diperbincangkan dan didiskusikan mengenai bakal calon wakil yang akan mendampinginya.

Para pelaku diskusi ini telah mengajukan nama jagoannya masing-masing. Diantaranya ada yang menghendaki Prof Akbar berpasangan dengan mantan Wakil Bupati Selayar, H Saiful Arif.

Ada juga mengandalkan mantan anggota DPRD Selayar, H Daeng Mangitung, SH yang bisa menjadi kolaborasi antara putra daratan dan pulau.

Juga disebut-sebut pula, anak menantu H Syahrir Wahab yang juga mantan Bupati Selayar dua periode, Aji Sumarno yang dianggap memiliki basis dan keluarga besar di lima wilayah kecamatan pulau serta sejumlah nama lainnya. Namun menurut mereka, itu terpulang pada Prof Akbar setelah memastikan kendaraan politiknya nanti.

Selain itu juga muncul nama Andi Rustam Novriadi asal Bahona Desa Balang Butung, Kecamatan Buki yang merupakan cucu dari Bupati Selayar ke IV, Andi Palioi Padulungi era tahun 197-1974 yang akan menggunakan kendaraan politik Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Lalu, Dr Ir H Masyahoro, M.Sc seorang akademisi dari Universitas Tadulako (Untad) Palu Sulawesi Tengah, Drs H Hasanuddin DM, M.Si mantan Ketua DPW Persatuan Masyarakat Selayar Provinsi Sulawesi Tenggara, dan H Saiful Arif, SH serta mantan anggota DPRD Selayar, Sukran Yusuf dari Partai Demokrat.

Menurut penilaian Andin Ridwan Daming, S.Pd, M.Pd salah seorang tokoh pemuda asal Jampea, H Daeng Mangitung dan Sukran Yusuf adalah dua sosok tokoh masyarakat pulau yang bisa diperhitungkan untuk mendapatkan simpati masyarakat.

Kedua tokoh ini telah maju bertarung untuk memperebutkan kursi di Parlemen pada Pemilihan Legislatif 17 April 2019 lalu akan tetapi tersungkur akibat tidak didukung oleh pendanaan yang memadai. Padahal kedua tokoh ini merupakan tokoh panutan dan patut dijadikan sebagai contoh dan suritauladan yang baik ditengah-tengah masyarakat.

Peluang kedua tokoh ini untuk mendapatkan dukungan divwilayah pulau cukup besar. Ridwan juga tidak menampik jika kandidat lainnya memiliki peluang sama. Tetapi bagi dosen Fakultas Keolahragaan di Universitas Negeri Makassar (UNM) ini secara pribadi menilai jika kedua tokoh ini masing-masing H Daeng Mangitung, SH dan Sukran Yusuf sangat berpeluang mendapatkan suara signifikan di lima kecamatan pulau.

Karena itu, pelaksanaan pemilihan langsung Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar yang menurut agenda KPU RI pemungutan dan penghitungan suaranya akan dilakukan pada 23 September 2020 diharapkan bisa membawa perubahan pada peningkatan kualitas demokrasi serta lebih memberikan arah pelaksanaan otonomi yang mandiri tanpa harus mengandalkan kekuatan uang.

"Selain itu, Pilkada juga diharapkan dapat menghasilkan Bupati dan Wakil Bupati yang bisa diterima oleh semua pihak serta mampu melaksanakan sebuah kebijakan publik yang lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat sehingga bisa terpilih kembali pada pemilihan berikutnya," tambahnya. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN