Asisten Administrasi Setda Selayar Serahkan Calon Paskibraka Tahun 2019 Kepada Pelatih

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Upacara penyerahan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan pembukaan pemusatan pelatihan tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, berlangsung di Lapangan Tenis Rumah Jabatan Bupati, Rabu (24/07/2019).

Asisten Administrasi Setda Kepulauan Selayar Drs. Dahlul Malik, MH bertindak sebagai inspektur upacara, sekaligus menyerahkan calon anggota Paskibraka Tahun 2019 secara simbolis kepada pelatih.

Untuk calon Paskibraka Kabupaten Kepulauan Selayar berjumlah 71 orang, terdiri dari 34 putri dan 37 putra, direkrut dari semua sekolah SLTA sederajat yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara susunan tim pelatih pada kegiatan seleksi dan pelaksanaan kegiatan terdiri dari unsur Kodim 1415 Kepulauan Selayar, Polres Selayar, Satpol PP dan Damkar, serta purna Paskibra Indonesia Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Saya mengucapkan selamat kepada ananda yang berhasil lolos dan terpilih menjadi calon Paskibraka. Kalian semua dapat terpilih, bukan hanya karena potensi yang kalian miliki tetapi yang paling menentukan adalah karena rahmat dan karunia Allah SWT,” ucap Dahlul Malik dalam sambutannya.

Dahlul Malik mengajak agar momen tersebut dijadikan sebagai motivasi pribadi untuk melaksanakan amanah yang bukan hanya berada di pundak, tetapi juga berada disetiap derap langkah dan ayunan tangan para Paskibraka, pada pelaksanaan peringatan HUT RI ke-74 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ia mengatakan, penyelenggaraan pemusatan latihan Paskibraka serta seluruh rangkaiannya merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan Paskibraka yang memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan, sehingga pelaksanaan upacara 17 Agustus 2019 nanti berjalan lancar, khidmat dan tertib.

“Saya mengingatkan, sebagai pembina dan pelatih Paskibraka tentu tidak hanya bertugas untuk membina dan melatih saja, namun saya harapkan para pelatih bisa mengarahkan generasi muda bangsa ini, menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan penuh tanggung jawab,” kata Dahlul Malik.

Diketahui setelah melalui proses seleksi calon Paskibraka, 2 orang calon Paskibraka lulus mewakili Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi calon Paskibraka tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Masing-masing adalah Syekh Sakti Pandu Raider dari SMA Negeri 1 Selayar dan Anjelina dari SMA Negeri 7 Selayar. Demikian disampaikan Kabid Pemberdayaan, Pengembangan Pemuda dan Kepramukaan Dispora Hj. Andi Ros Irma, S.Sos sebagai panitia penyelenggara.

Terkait dengan Paskibraka Tingkat kabupaten Kepulauan Selayar, Hj. Ros Irma mengatakan, tahun ini untuk pertama kalinya dalam sejarah Paskibraka di Kepulauan Selayar, para calon diasramakan dan setelah selasai melaksanakan tugas akan dibawa keluar daerah untuk pelatihan studi wawasan.

Sementara pada pemusatan latihan, kata Hj. Ros Irma, juga akan dilakukan pemberian materi di malam hari, antara lain materi wawasan kebangsaan, kerohanian, dan kepemudaan.

Hadir dalam upacara tersebut Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para staf ahli, asisten, kepala OPD, para pembina, panitia, dan pelatih, serta para kepala SMA, MAN, dan SMK. (Ucok Haidir)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN