Kurangi Resiko Bencana, BPBD Lutra Gelar Pelatihan Pembentukan Destana

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara (Lutra) memulai upaya pengurangan resiko bencana pada tahun ini, dengan menggelar pelatihan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Limbong Wara', Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Lutra.

''Sebagai kawasan yang memiliki daerah rawan bencana, Kabupaten Lutra menyiapkan berbagai langkah antisipasi. Salah satunya, menyiapkan tenaga tanggap bencana melalui bimbingan teknis Destana di Desa Limbong Wara' dan Desa Wara', Kecamatan Malangke Barat," ucap Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara Alauddin Sukri kepada media ini, Senin (01/04/2019).

''Sasaran pelatihan adalah perwakilan perangkat desa, Babinsa, Babinkamtibmas, bidan desa setempat, perwakilan kepala dusun dan RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan pemuda dan tokoh wanita,'' tuturnya.

Kegiatan pelatihan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Limbong Wara', Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Lutra.

Kegiatan bimbingan teknis adalah langkah awal penyiapan personil untuk pembentukan Destana. Peserta diberi bimbingan dan pelatihan pencegahan serta menangani keadaan darurat bencana. Mereka juga diberi pembekalan menjadi fasilitator pembentukan Destana di desa masing-masing.

"Melalui pelatihan ini, diharapkan nantinya mampu mentransformasikan pengetahuan penanggulangan bencana kepada warga desa lainnya,'' tuturnya.

Camat Malangke Barat Sulpiadi bersama anggota DPRD Lutra Amir Machmud yang hadir saat pembukaan bimtek mengatakan, kondisi Malangke Barat yang rawan bencana mendorong Pemerintah Kecamatan mendukung program pembentukan dan pelatihan Destana dalam RPJMD. "Alhamdulillah Dinas PMD akan memberikan ruang penganggaran," tukasnya.

Anggota DPRD Amir Machmud memberikan apresiasi kepada BPBD Lutra dan Camat Malangke Barat (Malbar) dalam mengadakan sosialisasi pembentukan Destana di dua desa kecamatan Malbar ini. Selesai pelatihan dan Bimtek, Alauddin Sukri, Sulpiadi dan Amir Machmud beserta anggota bimtek memantau kondisi air sungai dan beberapa tanggul yang jebol. (yustus)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN