DPK Kabupaten Gowa Fasilitasi Pertemuan Penggiat Literasi

SOROTMAKASSAR, GOWA.

Meski belum lama diberi amanah sebagai Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gowa, namun Drs. Mustamin Raga, M.Si, sudah membuat langkah maju. Bertempat di Kampung Rewako, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kamis, (23/06/2022), DPK mengadakan Silaturahmi dan Diskusi Literasi dengan penggiat literasi se-Kabupaten Gowa.

"Perpustakaan itu miniatur peradaban. Tanpa perpustakaan peradaban akan bisu," terang Mustamin Raga, alumnus Fakultas Sastra Unhas.

Perpustakaan, lanjutnya, merupakan salah satu sub bidang pendidikan. Jadi pustakawan dan penggiat literasi adalah orang-orang yang berperan secara substantif mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini merupakan salah satu tujuan nasional yang tertuang dalam konstitusi. Sehingga, sesungguhnya mereka ikut berperan strategis dalam mencapai tujuan nasional itu.

Sebelum menjadi Plt DPK Kabupaten Gowa, tanggal 28 April 2022, Mustamin Raga merupakan Sekretaris DPK Kabupaten Gowa. Dia mengaku mencermati potensi para penggiat literasi dan komunitas di wilayah kerjanya. Mereka semua punya visi yang sama. Meski secara geografis berada di dataran tinggi maupun rendah. Kalau bisa berkolaborasi dan dikelola, akan jadi kekuatan yang besar.

Meski secara kedinasan menjadi tanggung jawab dan tupoksi DPK. Tapi ajang silaturahmi dan diskusi ini, disebut sebagai panggilan jiwanya. Sesuai dengan pengalamannya yang lama bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat, terutama saat bekerja di JICA.

Diakui, komunitas literasi adalah mitra yang strategis. Pihaknya tidak bisa melakukan program secara maksimal bila tidak ada dukungan dari stakeholder. DPK tidak bisa memberikan layanan ke daerah- daerah tertentu tanpa dukungan komunitas setempat.

Ditambahkan, ini merupakan simbiosis mutualisma, karena DPK bisa melaksanakan programnya, begitupun penggiat literasi, bisa berjalan programnya. Namun, perlu menemukan titik program yang sama. Karena tugas pemerintah memfasilitasi warganya. Hanya saja, bagaimana mengkonkretkan fasilitasi itu, perlu dirumuskan bersama.

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN