Dinas P2KUKM Luwu Utara Lakukan Tera Ulang Timbangan Pembeli Gabah

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara

Pemerintah Kabupate n Luwu Utara melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Luwu Utara (Lutra) melakukan tera ulang terhadap alat ukur timbang yang di miliki oleh para pembeli gabah di Kecamatan Sabbang Selatan, Senin 3 Mei 2021.

Tera ulang timbangan duduk para pembeli gabah dipimpin langsung Kepala Dinas P2KUKM Lutra, Muh Kasrum Patawari bersama Kepala UPT Metrologi Legal.

Kasrum Patawari mengatakan pada media ini bahwa, tera ulang ini penting dilakukan guna memastikan alat ukur timbang yang dimiliki para pedagang/pembeli gabah petani sesuai dengan takaran yang tepat, sehingga tidak merugikan masyarakat maupun pedagang itu sendiri.

"Kami selaku Pemerintah Daerah (Pemda) Lutra mewajibkan para pembeli gabah dalam sekali setahun melakukan tera ulang timbangan untuk memastikan keakuratannya," kata Kepala Dinas P2KUKM Lutra.

Tera ulang alat ukur timbang ini akan berlangsung selama pembeli gabah masih memveli di Bumi Lamaranginang julukan Luwu Utara. Tidak hanya untuk pembeli gabah tapi juga di pasar, tera ulang alat ukur timbang juga akan dilakukan di pasar-pasar tradisional di seluruh Luwu Utara.

"Jadi seluruh pasar kita akan tera ulang timbangan para pedagang," sebut Kasrum Patawari.

Para pedagang yang tidak berkenan timbangannya untuk di tera ulang, maka berdasarkan peraturan UU No 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal akan dikenakan sanksi.

"Sanksinya berdasarkan UU tersebut ialah penjara satu tahun dan denda 1 juta rupiah," sebutnya lagi.

Karenanya Kasrum Patawari menghimbau kepada petani padi untuk jangannmau gabahnya dintimvang di malam hari, dan kepada para pembeli gabah dan pedagang untuk melakukan tera ulang alat ukur timbangannya. "Jadi ini wajib bagi pedagang dan pembeli gabah," tegas Kadis P2KUKM Lutra. (yus)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN