Kapolres dan Bupati Simalungun Turun Langsung ke Lokasi Longsor Jembatan Sidua-dua

SOROTMAKASSAR -- Simalungun.

Kapolres Simalungun, AKBP M. Liberty Panjaitan, SIK, MH bersama Bupati Simalungun, Dr. JR. Saragih, SH, MM berada di lokasi longsor Jembatan Sidua-dua, melakukan pengecekan titik longsor di bukit hulu dan sumber mata air di sekitar titik longsor, Sabtu (05/01/2019) pagi pukul 06.00 WIB.

Sebanyak 15 alat berat disiagakan diantaranya dari pihak Balai Besar Jalan dan Jembatan Sumut, PT TPL, PT Bumi Karsa dan Pemkab Simalungun, kemudian 1 Unit Water Canon milik Polres Simalungun dan 4 Unit Pemadam milik Pemkab, Kodya Pematang Siantar dan juga milik STTC Siantar berada dilokasi melakukan pembersihan total material longsor di lokasi Jembatan Sidua-dua.

Tahap I dimulai dari pukul 08.00 WIB s/d 10.30 WIB pekerjaan dilanjutkan untuk mempermudah proses pembersihan lokasi longsor tersebut, Arus lalin ditutup total dan dialihkan melalui jalur alternatif baik dari arah Siantar menuju Parapat menggunakan Jalur Simpang Palang-Simpang Sitahoan. Kemudian yang dari Tobasa menuju Siantar diarahkan untuk beristirahat di kota Parapat atau menggunakan Jalur Alternatif Sigura-gura dan Jalur Tele.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat pembersihan, Kasat Lantas AKP Hendri ND. Barus, SH, SIK, MM bersama Personil Sat Lantas dan Polsek Parapat melakukan pengamanan dan pengaturan lalin baik di lokasi longsor maupun sepanjang Jalinsum Parapat kemudian melakukan Public Address sehingga masyarakat pengguna jalan mengetahui situasi terkini Jembatan Sidua-dua.

Pada pukul 10.35 Wib Jembatan Sidua-dua kembali dibuka dan pengguna jalan diprioritaskan dari arah Tobasa menuju Parapat untuk mengurai antrian yang panjang, namun alat berat tetap melakukan pembersihan di lokasi longsor.

Tepatnya pukul 10.40 Wib rombongan Bupati Simalungun meninggalkan lokasi Jembatan Sidua-dua kembali menuju arah Pematang Siantar dengan situasi aman dan terkendali.

Tahap II pukul 13.15 WIB pekerjaan dilanjutkan dengan penyiraman tanah untuk mempermudah aliran longsor mengalir di bawah jembatan dengan 4 Unit Pemadam dan Water Canon Polres Simalungun, 2 Unit Pemadam milik Pemkab Simalungun, 1 Unit Pemadam dari Kodya Pematang Siantar, dan 1 unit milik STTC melakukan pembersihan jalan dan aliran longsor di bawah jembatan guna memperlancar aliran air menuju Danau Toba yang tertimbun longsor.

Berkat kerja keras tersebut rasa lelah pun terbayar tepatnya pada pukul 16.30 WIB kedua jembatan sudah bisa dilalui, hanya saja jembatan yang kedua tidak dipergunakan sementara guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Atas kejadian longsor susulan ini Jembatan Sidua-dua Parapat hanya dipakai satu jalur dari Parapat menuju Pematang Siantar. (leo)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN