Inilah Jajanan Berbuka Puasa Di Pasar Tingkat Serui Papua

Laporan : Sakina Tuzahra
Mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar

SOROTMAKASSAR -- PAPUA.

Menjelang buka puasa Ramadhan, di seluruh wilayah Indonesia, para penjual makanan dan minuman takjil berbuka puasa, bermunculan. Rata-rata hanya musiman, hanya menjual di saat bulan suci Ramadhan. Jualannya pun disesuaikan dengan kondisi dan lingkungan daerah tersebut.

Seperti halnya suasana menjelang berbuka puasa di Kota Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Pada Kamis sore (14/04/2022) kemarin, banyak pedagang yang berjualan aneka ragam jajanan takjil berbuka puasa.

Di sekitar jalan Pasar Serui Kota, terdapat beberapa tempat bagi para pedangan untuk menjual jajanan berbuka puasa yang dibuatnya. Beberapa daerah tersebut adalah Jl. Diponegoro dan daerah lingkaran depan Pasar Tingkat Serui. Lokasi ini cukup ramai pedagang, tapi hanya pada bulan Ramadhan saja.

Aneka jajanan yang dijual berupa pisang ijo, es buah, es cincau, kolak dan berbagai jenis minuman segar lainnya.

Selain minuman dan bubur kolak, ada juga makanan ringan mulai dari yang manis dan beraneka ragam gorengan seperti, puding, agar-agar, cake, lontar, risoles, jalan kote, dan masih banyak lagi.

Rahma salah seorang pedagang yang tiap tahun pada bulan Ramadhan selalu berjualan di daerah Pasar Tingkat Serui, mengatakan, selama Ramadhan, di wlayah tersebut sangat ramai dengan warga yang berburu makanan dan minuman sembari ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

"Jenis takjil yang saya jual beragam dan tentu ada beberapa yang sama dengan penjual lainnya, tapi tidak ada yang saling menjatuhkan karena setiap jajanan memiliki cita rasa yang berbeda," ujarnya.

Makanan dan minuman pembuka puasa ini terjangkau harganya bagi semua tingkatan ekonomi warga yang berpuasa. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp2000 - Rp10000. Para penjual biasanya mulai menjajahkan jajanan mulai dari sore hari pukul 15.00 WIT sampai memasuki masa buka puasa. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN