Sembilan Perpustakaan Sekolah di Sinjai Jalani Akreditasi, Kepala SDN 84 Mangarabombang Senang Dapat Motivasi

 

SOROTMAKASSAR - SINJAI.

Sebanyak 9 perpustakaan sekolah jenjang SD dan SMP di Kabupaten Sinjai menjalani penilaian akreditasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Kamis (25/6/2024).

Tim asessor yang melibatkan 4 orang ini melakukan kunjungan langsung atau visitasi ke perpustakaan sekolah untuk memberikan penilaian terkait mutu pelayanan yang diberikan sesuai standar yang ditetapkan.

Sembilan sekolah ini masing-masing SDN 103 Bontompare, SDN 84 Mangarabombang, SDN 8 Hilalang, SDN 129 Batu Lappa dan SDN 4 Balangnipa. Sedangkan tingkat SMP yakni SMPN 7 Sinjai, SMPN 11 Sinjai, SMPN 12 Sinjai dan MTsN Panreng.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai Abdul Aziz Amin saat mendampingi tim penilai di SDN 84 Mangarabombang menyampaikan, tujuan akreditasi ini untuk menilai sejauh mana perpustakaan tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh badan akreditasi.

Selain itu, perpustakaan sekolah yang terakreditasi akan meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan untuk terus meningkatkan kualitas kerja dan pelayanannya.

"Perpustakaan sekolah perlu diakreditasi untuk meningkatkan minat dan kepercayaan pengguna atau pengunjung terhadap kinerja perpustakaan serta menjaga konsistensi mutu kegiatan perpustakaan,” kata mantan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Sinjai ini.

Dia menambahkan, sekolah yang terakreditasi dengan baik lebih mudah mendapatkan dukungan dari pemerintah dan pihak lain dalam bentuk bantuan dana, pelatihan, dan program pengembangan lainnya.

Sementara itu Kepala SDN 84 Mangarabombang Kecamatan Sinjai Timur, Abdul Syukur mengaku bangga mendapat kunjungan dari asesor Perpusnas RI sebab mendapatkan bimbingan dan masukan untuk pihak sekolah dan pustakawan.

"Alhamdulillah kami merasa bersyukur karena dari 240 SD di Sinjai, kami salah satu diantara 5 sekolah dasar yang berkesempatan untuk mendapatkan bimbingan dan motivasi dari asesor," katanya.

Ia menyebut pihaknya telah melakukan bsrbagai persiapan yang matang dan berupaya melakukan penataan ruangan perpustakaan, termasuk sarana dan prasarana perpustakaan juga turut dilengkapi.

"Semoga kedepan Perpustakaan kami semakin maju, berkembang dan semakin dkenal masyarakat sekitar sehingga bukan hanya siswa tapi semua masyarakat di Mangarabombang ini bisa memanfaakan perpustakaan sekolah," harapnya. (aan)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN