Sekolah Pundarika Gelar Acara Kelulusan Angkatan 2024

 

SOROTMAKASSAR - MAKASSAR.

Sekolah Pundarika menggelar acara Kelulusan Angkatan 2024 untuk tingkat SD dan SMP bertema "Kita Bisa". Acara penamatan peserta didik kelas 6 dan kelas 9 tahun pembelajaran 2023-2024 ini berlangsung di Beryl Ballroom, Myko Hotel & Convention Center Makassar, Sabtu (15 Juni 2024) petang.

Acara kelulusan diikuti para peserta didik yang didampingi orang tua/wali masing-masing. Hadir membersamai adalah Pengawas Sekolah SMP Dinas Pendidikan Kota Makassar Hasdy, S.Si, M.Si, Pembina dan Ketua Yayasan Pendidikan Dharma Bakti Dra. Nani Ghofar dan Felix Dahong, Kepala Sekolah Pundarika Varianty Kadiaman, S.Pd, Gr, serta guru-guru dan tenaga kependidikan Sekolah Pundarika.

Acara kelulusan diawali pembacaan puisi dan prosesi masuk wisudawan. Kemudian menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan doa pembuka. Selanjutnya, sambutan dalam tiga bahasa (Inggris, Mandarin, dan Indonesia) oleh peserta didik. Berisi ucapan terima kasih atas bimbingan para guru selama mereka mengikuti proses pembelajaran di SD maupun SMP Pundarika.

Sambutan perwakilan orang tua disampaikan oleh Miguel Dharmadjie, ST, CPS®️, CCDd®️, CPM. Yang memberikan apresiasi atas dedikasi, perjuangan, dan pengorbanan para guru dalam membimbing peserta didik selama menempuh pendidikan di Sekolah Pundarika.

"Mewakili para orang tua, kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para guru atas bimbingan yang tidak pernah lelah kepada anak-anak kami. Tak lupa pula, kami menghaturkan permohonan maaf sekiranya ada hal-hal yang pernah dilakukan anak-anak kami sehingga kurang berkenan di hati para guru. Kami menyambut baik tema Acara Kelulusan Angkatan 2024. Tema ini memberikan pesan penting bagi anak-anak kami," ungkapnya.

Pertama, kata "Kita"; yang berarti sebagai makhluk sosial, kebersamaan dan kolaborasi dengan teman-teman maupun orang lain, sangatlah dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.

Kedua, kata "Bisa" merupakan akronim dari Bermimpi dan Bercita-cita, Inovatif dan Inspiratif, Sabar dan Semangat, serta Amalkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan.

"Kesemuanya ini merupakan kunci untuk meraih kesuksesan di masa depan. Jangan pernah melupakan jasa-jasa para guru yang telah membimbing kalian. Karena berkat jasa-jasa merekalah, sehingga kalian dapat lulus pada hari ini," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Pundarika dalam sambutannya, memberikan ilustrasi tentang acara kelulusan yang tidak secara instan dilakukan. Tetapi, membutuhkan suatu proses yang panjang, baik waktu dan dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat terselenggara dengan baik.

Seperti itulah, peserta didik yang lulus pada tahun ini telah melewati proses pembimbingan yang panjang; sejak pertama masuk sekolah hingga akhirnya lulus pada hari ini. Dan proses pembimbingan itu merupakan kolaborasi yang sangat baik dari para guru, tenaga kependidikan dan tentunya orang tua/wali peserta didik.

"Untuk itu anak-anakku sekalian, ingatlah selalu bahwa sebagai makhluk sosial kita patut saling membantu, mendukung, dan bekerja sama dengan orang lain untuk kesuksesan di masa depan. Jadilah anak berkarakter yang memiliki akhlak baik dan sopan serta pandai dalam berpikir dan bertanggungjawab. Kami para guru senantiasa berdoa demi kesuksesan kalian di masa depan," kata Kepala Sekolah.

Pengawas Sekolah SMP Dinas Pendidikan Kota Makassar yang turut memberikan sambutan, mengatakan tema "Kita Bisa" sejalan dengan 18 Revolusi Pendidikan Kota Makassar. Yaitu, semua anak harus sekolah. Sehingga siswa yang tamat SD harus melanjutkan ke SMP, yang tamat SMP bisa melanjutkan ke SMA/SMK, dengan tetap didukung sepenuhnya oleh orang tua/wali siswa.

"Sesuai program Walikota Makassar tentang Jagai Anak'ta, para orang tua siswa diharapkan agar dapat menjaga anak-anaknya. Selama ini, kita fokus menjaga anak perempuan, namun ke depannya perlu menjaga anak lelaki. Anak perempuan kalau ada masalah nampak bersedih, tidak mau makan, mengurung diri di kamar atau jalannya ada kelainan. Namun, anak lelaki tidak nampak perubahan. Bahayanya setelah jadi korban, bisa jadi predator," pesannya kepada para hadirin.

Prosesi kelulusan dilakukan dengan penyerahan ijazah dan pengalungan medali oleh wali kelas kepada peserta didik. Prosesi kelulusan diikuti oleh 38 siswa SD dan 17 siswa SMP.

Sebagai Lulusan Terbaik Angkatan 2024 adalah Kimberly Trixie Winardy (Tingkat SD) dan Michelle Yauri (Tingkat SMP). Penyerahan Piagam Penghargaan dan Piala diserahkan oleh Kepala Sekolah kepada para lulusan terbaik dengan didampingi orang tua masing-masing.

Acara kelulusan diisi dengan penampilan seni dari peserta didik kelas 6A, kelas 6B dan kelas 9. Juga persembahan seni oleh guru-guru SD dan SMP.

Suasana haru dirasakan saat pemutaran video dokumenter dan paduan suara 3 bahasa oleh kelas 6. Keharuan semakin bertambah ketika Angkatan 2024 dan para guru bersama-sama membawakan tarian Flash Mob. Serta, saat para peserta didik menyanyikan lagu Pesawat Kertas dan menerbangkan pesawat kertas yang telah mereka buat; sebagai simbol dari impian dan cita-cita mereka di masa depan.

Keharuan mencapai puncaknya saat foto bersama peserta didik dengan wali kelas, para guru, dan pihak yayasan. Tidak hanya para siswi saja yang menangis, tetapi beberapa siswa nampak pula menitikkan air mata. Ekspresi keharuan karena akan berpisah dengan para guru dan sahabat-sahabat; yang telah berbagi suka dan duka dalam proses pembelajaran di Sekolah Pundarika selama ini. Ini menjadi bagian proses untuk meraih cita-cita mereka di masa depan. (mi_dhata)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN