Tim Gabungan Polda dan BNN Sulsel Razia Narkoba di Sejumlah Tempat Hiburan

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Tim gabungan Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel bersama Badan Narkotika Nasionak (BNN) Sulsel, Polrestabes Makassar dan Polres Pelabuhan, Minggu (30/12/2018) dinihari sekitar pukul 01.00 Wita menggelar razia narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) pada sejumlah tempat hiburan di kawasan Jln Nusantara, Makassar.

Keterangan yang dihimpun media ini menyebutkan, razia narkoba yang dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan ini terbagi dalam 3 tim yang secara serentak memasuki 3 tempat hiburan di bilangan Jln Nusantara, Makassar, yakni Malibu Cafe, Mabua Cafe dan Calypso Cafe.

Di Malibu Cafe, tim gabungan yang membawa seekor anjing pelacak memeriksa dan menggeledah semua meja-meja pengunjung serta seluruh penjuru ruangan di tempat hiburan itu. Semua pengunjung dan karyawan Malibu Cafe tidak hanya diperiksa dan digeledah, tapi harus pula mengikuti pemeriksaan urine yang dilakukan tim medis dari BNN Sulsel.

Petugas tim gabungan Polda Sulsel dan BNN Sulsel bersama anjing pelacak sedang memeriksa sebuah tas milik salah seorang karyawan Malibu Cafe yang didalamnya ditemukan alat isap narkoba. (Foto : Muh. Ansharullah Amin)

Setelah menjalani pemeriksaan urine yang berlangsung di bawah pengawasan ketat aparat kepolisian, syukurlah hasilnya tak satupun pengunjung yang dinyatakan positif terindikasi mengkomsumsi narkoba. Pelaksanaan tes urine berlangsung cepat karena kurangnya pengunjung Malibu Cafe.

Petugas hanya menemukan di salah satu ruangan gudang penyimpanan sebuah tas hitam yang didalamnya ditemukan peralatan isap narkoba jenis sabu berupa pirex. Tas milik salah seorang karyawan baru di tempat hiburan itu langsung diamankan dan diserahkan ke Polres Pelabuhan untuk penanganan lebih lanjut. Sementara pemilik tas yang disebut-sebut berinisial 'Ip' sudah menghilang dan kini dalam pencarian aparat kepolisian.

Tim gabungan lainnya dikabarkan juga menggelar aksi yang sama di Mabua Cafe dan Calypso Cafe. Menurut informasi, di Mabua Cafe, tempat hiburan yang spesialis menyajikan genre musik dangdut ini, pemeriksaan dan tes urine yang dilakukan petugas berlangsung cukup lama karena ramainya pengunjung di tempat itu.

Petugas dan tim medis BNN Sulsel sedang memeriksa urine sejumlah pengunjung Malibu Cafe. (Foto : Muh. Ansharullah Amin)

Menurut informasi, dari hasil pemeriksaan urine terhadap seluruh pengunjung dan karyawan Mabua Cafe, hanya seorang karyawan yakni perempuan 'Win' yang dinyatakan positif terindikasi menggunakan narkoba sehingga bersangkutan langsung diamankan petugas untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara di Calypso Cafe hingga berita ini ditayangkan belum diperoleh informasi terkait hasil razia narkoba yang dilancarkan tim gabungan di tempat hiburan tersebut. Namun pelaksanaan razia narkoba di ketiga tempat hiburan ini berjalan lancar dan mendapat sambutan serta respon positif dari seluruh pengunjung.

AUHM Mendukung

Razia Narkoba yang dilancarkan tim gabungan Polda Sulsel, BNN Sulsel, Polrestabes Makassar dan Polres Pelabuhan ini mendapat dukungan penuh dan tanggapan positif dari pengurus Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) selaku wadah yang menaungi seluruh tempat hiburan malam di kota Makassar.

Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM), Zulkarnaen Ali Naru yang dihubungi media ini via WhatsApp menyatakan, pihaknya menanggapi positif razia narkoba yang dilakukan aparat kepolisian di sejumlah tempat hiburan tersebut.

Menurut Zul, sapaan akrab Zulkarnaen Ali Naru ini, pihaknya mendukung penuh razia narkoba tersebut, terutama bertujuan untuk menekan tindak penyalahgunaan narkoba pada suasana menjelang malam pergantian tahun pada khususnya.

Secara umum, lanjut Zul, kegiatan yang dilancarkan aparat kepolisian bersama BNN, juga sebagai bentuk tanggungjawab AUHM dalam mendukung penuh program pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Makassar.

"Upaya aparat seperti ini jelas kami dukung penuh, karena pada hakikatnya AUHM juga sejalan dengan program BNN dalam rangka Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," tandasnya. (jw-maa)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN