Santri di Luwu Utara Dilatih Budidaya Ayam Kampung dan Ayam Buras


SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Seluruh santri di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dilatih budidaya ayam kampung dan ayam buras melalui kegiatan bimtek yang dibuka, Kamis (11/07/2019) di Desa Laba, Jalan Lingkar Kecamatan Masamba.

Bimtek Ini dilaksanakan sebagai upaya pembelajaran bagi santri yang tergabung KSTM yang nantinya akan memperoleh bantuan paket budidaya ayam kampung dan ayam buras dari Kementerian Pertanian. 

"Bimtek ini mengajarkan peserta mendesain kandang ayam, membuat kandang ayam, pemeliharaan ayam, pengelolaan pakan ayam, dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit," ucap Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan Lutra, Adriyani Ismail kepada media ini, Jumat (12/07/2019).

Adriyani Ismail, yang menjadi salah satu fasilitator Bimtek menyampaikan tentang pertumbuhan kelompok usaha bagi KSTM agar nantinya mampu berhasil melakukan agribisnis ayam kampung. 

“Ada 3 hal fungsi organisasi seperti KSTM ini yaitu sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit usaha. Mari kita bangun wadah didalam KSTM mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota agar KSTM bisa berjalan dengan baik sesuai peran masing-masing," tutur Adriyani panggilan akrab mantan Kepala BKP3 Lutra ini.

Dalam proses pembelajaran, peserta memperoleh materi tentang pakan ternak ayam kampung. Di penghujung Bimtek, materi yang diberikan adalah pengenalan penyakit pada ayam dan bagaimana pemberian vaksin pada ayam untuk mencegah penyakit. Peserta langsung praktik memberikan vaksin ND/IB dengan cara diteteskan pada mata ayam.

"Harapan kami anggota KSTM mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat Indonesia, terkhusus di Bumi Lamaranginang (Lutra, Red)," ujar salah satu Santri, Amiruddin. (yustus/frans)
 
 

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN