Dua Desa di Toraja Meraih Gelar ADWI 2021

SOROTMAKASSAR - Jakarta.

Dua desa di Toraja dari tiga desa di Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan kado istimewa di akhir tahun 2021 melalui ajang Anugerah Desa Wisata 2021.


Ajang tersebut digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa yang mengangkat citra kepariwisataan Sulsel, yakni Desa Wisata Lembang Nonongan, Kabupaten Toraja Utara sebagai Juara III Terbaik Desa Wisata Kategori Konten Kreatif.

Selanjutnya Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja sebagai Juara V Desa Wisata Terbaik Kategori Souvenir.

Ketiga, Desa Wisata Ara, Kabupaten Bulukumba sebagai Juara V Desa Wisata Berkembang.

"Alhamdulillah, kita bersyukur dan bangga karena tiga desa di Sulsel mendapatkan gelar Anugerah Desa Wisata terbaik. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak," kata Andi Sudirman Sulaiman, Rabu, 8 Desember 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan Menparekraf Sandiaga Uno di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa, 7 Desember 2021.

Dari 75 ribu desa di seluruh Indonesia, sebanyak 1.831 desa di antaranya ikut ADWI tahun 2021.

Setelah melalui seleksi ketat  terpilih 50 desa yang kemudian Menparekraf melakukan visitasi dan tim mengunjungi desa tersebut secara langsung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Prof Jufri menyampaikan, proses yang dilalui sangat panjang dan ketat. Dari 300 dikerucutkan menjadi 100 dan kemudian 50 desa.

"Kita bersyukur, masuk dua kategori. Yang pertama untuk konten kreatif dan souvenir termasuk kerajinan kriya. Sedangkan Desa Ara, Kabupaten Bulukumba, masuk dalam kategori baru yang ditambahkan yaitu, desa rintisan," sebutnya.

Desa-desa ini, katanya, akan dijadikan model agar dapat manjadikan desa lainnya di Sulsel menjadi lebih baik, serta lebih bersiap untuk ADWI 2022.

Tiga desa yang meraih penghargaan selama berkompetisi sangat diperhatikan agar memenuhi indikator penilaian yang ada. Capain yang diraih pun membanggakan.

"Ini kado akhir tahun untuk Sulsel," ucap mantan Kadis Pendidikan Sulsel itu.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno sendiri telah menuntaskan visitasi ke-50 desa wisata di Tanah Air dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Sandiaga meyakini, desa-desa tersebut akan membangun Indonesia di masa mendatang.

Sandiaga pun memohon dukungan bagi semua pihak untuk melanjutkan program ADWI ke depan agar bisa ditingkatkan dan di tahun berikutnya.

“Pak Menko, mohon dukungan kepada semua pihak untuk membangun bersama-sama homestay. Kita bisa membangun sarana-sarana hunian wisata demi kebangkitan Indonesia dan desa wisatalah yang akan menjadi lokomotifnya,” sebutnya.

Acara Malam ADWI 2021 memberikan penghargaan untuk 7 (Tujuh) kategori penilaian bagi desa wisata, diantaranya CHSE, Desa Digital, Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet. (ril)

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN