Pemimpin Selayar Mendatang Akan Datang dari Timur

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Kebenaran dan kejujuran pemimpin Kepulauan Selayar saat ini ditenggelamkan dan disembunyikan. Sebab yang akan menjadi pemimpin seutuhnya untuk Selayar bukanlah sembarang orang. Ia akan datang dari arah timur sama seperti terbitnya matahari dari belahan timur Indonesia.

Pada saat itu pula Selayar akan jauh lebih maju dan berkembang dan bahkan akan jauh melampaui dari Pulau Batam di Kepulauan Riau. Saat itu pula orang Selayar yang ada di tanah rantau akan merasa cemas dan gelisah untuk pulang ke kampung halamannya. Dan disitulah nama Selayar akan terangkat dan bangkit sehingga akan dikenal sampai seantero dunia.

"Besi akan berterbangan ke sana sini dan kesana kemari, baik di laut, udara dan darat. Tandai omongan saya jika sampai tidak terbukti," ungkap H. Abd Muis salah seorang tokoh masyarakat Lambongan Selayar yang sudah lama menetap di Tarakan, Kalimantan Utara.

Hanya saja, saya tidak berani mengungkap kapan waktunya. Tetapi yang pasti sudah dekat. Sebab memang Selayar itu diciptakan sebagai awal dari huruf Al Qur'an. Pulau Selayar berada pada titik tengah diantara utara dan selatan maupun dari barat ke timur dan sebaliknya. Pulaunya membujur dari utara ke selatan dengan menyerupai huruf alif.

Makanya leluhur kita menyebutnya Selayar itu Butta Tanah Doang yang artinya tanah tempat untuk berdo'a. Sehingga nantinya Selayar akan terangkat, maju dan berkembang seperti lajunya sebuah roket menuju angkasa.

"Pemimpin yang tidak menggunakan mata hatinya pasti akan tersesat. Akan selalu mendapatkan cemohan dan sindiran dari rakyatnya. Makanya janganlah merasa heran jika pemimpin Selayar selama ini tidak pernah memperoleh nama yang harum dari rakyatnya. Karena ini memang merupakan sebuah fenomena dalam pemerintahan yang sedang mengglobal," tambah H Abd Muis Daeng Pabosara.

Tak lama lagi akan datang seorang pemimpin yang akan menggunakan mata hatinya. Dan itulah pemimpin Selayar yang sesungguhnya. Sebab didalam hati itu ada tersimpan nurani. Dan didalam nurani itu telah bersemayam rasa. Sedangkan Allah telah bersemayam dalam rasa itu. Dan inilah pemimpin yang akan mensejahterakan rakyat dan masyarakat Selayar.

"Tandai ngomong saya, pak. Manusia sekarang ini kadangkala salah kaprah. Karena mereka terlalu mengandalkan penglihatan dan penguasaan dirinya sehingga kesalahan yang tampak dari dirinya tidak nampak di mata kepalanya dan tidak mau tahu. Makanya terkadang salah dalam menilai sesuatu. Yang benar disebut salah dan yang salah dikatakan benar," ungkap mantan pemegang tiga jabatan Camat di Kota Tarakan Kalimantan Utara ini.

Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kata Suaib Rewata seorang tokoh pemuda asal Teko Desa Bontokoraang, Selayar, harusnya masyarakat tidak lagi melihat dari sisi lambang partai namun diharapkan lebih mengutamakan reputasi, prestasi, wawasan serta memiliki konsep dan gagasan berpikir untuk mewujudkan dan memajukan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Jika selama ini masyarakat lebih memilih dan melihat sosok karena ketertarikan finansial yang dimiliki oleh seorang calon maka tunggulah kehancurannya. Karena setelah terpilih maka secara otomatis uang yang dihambur-hanburkan saat Pilkada akan berusaha untuk dikembalikan. Sehingga tidak akan mampu lagi mengemban amanah rakyat yang memilihnya.

"Selain itu, pembangunan fisik mesti harus sejalan dengan pembangunan moral yang bisa berdampak positif pada sikap dan prilaku serta kesejahteraan masyarakat. Bukan pembangunan infrastruktur yang hanya memberikan dampak terhadap kesejahteraan pada keluarga dan kroni-kroni tanpa memperhatikan aspek kepentingan masyarakat kalangan bawah," tegasnya. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN