Pjs Bupati Lutra Resmikan Pasar Rakyat Sabbang

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Pjs Bupati Luwu Utara Iqbal Suaeb bersama Kepala Dinas P2KUKM Kasrum Patawari, Minggu (18/10/2020), meresmikan Pasar Rakyat Sabbang, yang dibangun melalui Dana Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2017 oleh Kementerian Perdagangan.


Pasar tersebut berada di Desa Sabbang, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Jalan Trans Sulawesi.

Program revitalisasi pasar rakyat Kementerian Koperasi dan UKM Relublik IndonesiaI ini, salah satu upaya pemerintah daerah dalam hal meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat. Dikatakan Pj Bupati Lutra Iqbal Suaeb, pasar ini adalah pasar pertama yang diresmikan.

Pada kesempatan tersebut, mantan penjabat Wali Kota Makassar ini, kagum melihat pasar rakyat yang begitu ramai dan transaksi jual beli yang bergairah."Ini pertanda yang baik. Artinya bahwa gairah ekonomi di pasar rakyat Sabbang ini sangat berkembang," terang Iqbal Suaeb.

Pjs Bupati Lutra berharap, pasar rakyat ini mampu meningkatkan kehidupan masyarakat, serta juga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah, serta pasar Rakyat Sabbang bisa dijadikan sebagai ikon salah satu objek destinasi wisata bagi warga Sabbang sekitarnya, karena kalau kita lihat pasar ini seramai pasar yang ada di Masamba ibukota Lutra.

"Dengan diresmikannya pemanfaatan Pasar Rakyat Sabbang ini, kita berharap mampu mengangkat derajat para pedagang tradisionil menjadi lebih manusiawi, bermartabat dan lebih modern," pungkasnya, seraya menambahkan mari kita pelihara pasar ini menjadi salah satu yang paling urgen dilakukan oleh warga itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) P2KUKM Muh. Kasrum Patawari menambahkan, Pasar Rakyat Sabbang ini dibangun pada tahun 2017 dan telah diresmikan secara serentak oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tahun 2017, dengan menelan anggaran murang lebih Rp 3 Miliar dari Dana Tugas Pembantuan TA 2017 lalu.

"Walaupun masih banyak yang perlu dibenahi, seperti penempatan pedagang, tapi Insyah Allah ke depan kita akan tata kembali sesuai jenis jualannya," tutur Kasrum Patawari.

Hadir pula dalam peresmisn pemanfaatan Pasar Rakyat Sabbang yakni, Sekda Luwu Utara Armiady, Danki Brimob Baebunta AKP Laode Rusli, Kasatpol PP dan Damkar M. Asir Suaeb  Kadis Perhubungan Hakim Bukara, Camat Sabbang Sitti Kidar, para aparat Kecamatan dan Desa serta tokoh masyarakat setempat.

Di tempat terpisah ditemui media ini, salah satu tokoh adat dan warga setempat Andi Suryadi mengatakan, keberadaan pasar di wilayahnya akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi warga sekitar. Produk unggulan masyarakat di Kecamatan Sabbang dan Sabbang Selatan dan sekitarnya dapat diperjualbelikan di sana.

"Terimakasih Bapak Pjs Bupati Lutra Iqbal Suaeb, yang telah meresmikan, semoga ke depannya pasar yang baru saja diresmikan pemanfaatannya ini lebih teratur, bersih, pedagang dan pembeli nyaman dan aman," tandasnya.(yus)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN