Bertambah Lagi 5 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Toraja Utara

SOROTMAKASSAR – Toraja Utara.

Pasien terkonfirmasi kembali bertambah 5 orang dan dinyatakan positif Virus Covid-19 di Toraja Utara dengan bertambahnya lima orang yang positif, jumlah keseluruhan pasien sudah mencapai 28 orang yang berada di Toraja Utara.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara kembali mengumumkan lima warga di Kecamatan Rantepao lagi terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (19/9/2020).

Juru bicara GTPP Covid-19 Toraja Utara Anugrah Y Rundupadang lewat presslist mengatakan dari hasil penelusuran (tracking) tim satgas ada lima warga Kecamatan Rantepao yang juga adalah tetangga dan pernah kontak erat dengan pasien ke-23 yang telah meninggal dunia pada hari Minggu, 13 September 2020 lalu.

“Kelima warga yang terkonfirmasi tersebut seorang wanita berusia 62 tahun dengan ber-KTP Provinsi Jawa Tengah, kemudian wanita berusia 49 tahun dan wanita berusia 43 tahun serta, laki-laki berusia 25 tahun ketiganya  masing-masing ber-KTP Toraja Utara, dan satu lagi laki-laki berusia 55 tahun dengan ber-KTP Provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Sambung Anugrah bahwa pihaknya telah melakukan penelusuran dan menemukan ada dua pasien yang diketahui pernah melakukan perjalanan dari daerah zona merah.

“Kelima pasien positif Covid-19 tersebut  warga Kelurahan Malango, Kecamatan Rantepao itu terkonfirmasi positif hasil Swab PCR Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi selatan di Makassar,” ujarnya.

Juru bicara Satgas yang juga Sekretaris Diskominfo Toraja Utara itu mengungkapkan bahwa pasien positif yang kesemuanya satu rumah itu sudah sementara mengikuti wisata Covid-19 program Pemprov Sulsel di salah satu hotel di Makassar yang diberangkatkan oleh tim Satgas.

“Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan GTPP menghimbau kepada masyarakat luas yang merasa pernah ada kontak dengan kelima pasien agar segera menghubungi Satgas atau Puskesmas terdekat. Dari data Diskominfo-SP Toraja Utara adanya pertambahan kasus warga terkena Covid-19 di Torut sudah mencapai 29 kasus (pasien). Sesuai data dari 29 kasus itu sudah sembuh 20 orang, menjalani karantina 7 orang dan meninggal dunia dua orang,” ungkapnya.

Dengan bertambahnya kasus pasien positif Covid-19 di Torut, Anugrah Yayah mengimbau kepada masyarakat agar bersama sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk menghindari hal tersebut “Masyarakat harus disiplin mengikuti protokol kesehatan dengan cara membatasi aktivitas ke luar rumah, memakai masker saat keluar rumah dengan cara benar dan tidak berkerumun. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak (physical distancing), meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga serta mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi,” kata Yayah, (man*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN