Grup Embun Pagi Aktifkan Kembali Olahraga Senam dan Lari

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Embun Pagi adalah grup olahraga bagi warga Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berumur di atas 50 tahun.


Grup yang menjaga stamina tubuh ini diketuai  Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Lutra.

Kadis P2KUKM Lutra, H. Muh Kasrum Patawari pada wartawan media ini, Sabtu (30/5/2020), mengatakan, olahraga yang ditekuni grup Embun Pagi adalah senam dan lari pagi. "Ini olahraga paling sederhana dengan segudang manfaat bagi tubuh diatas usia 50 tahun," ujarnya.

Aktivitas fisik yang dilaksanakan setiap subuh sempat terkendala dengan pandemi Cocid-19, namun mulai diaktifkan, Sabtu (30/5/2020) subuh.

Dihubungi via jejaring WhatsApp, dia mengatakan, olahraga lari dan senam maupun jogging dipilih karena olahraga ini sangat mudah dan tidak perlu merogoh kocek.

"Kami juga tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai macam perlengkapan olahraga lari. Setidaknya, memakai sepatu olahraga yang sesuai dengan ukuran kaki untuk menghindari cedera. Selain itu, berlari bisa dilakukan di manapun asal lintasan dalam keadaan aman, seperti di lingkar jalan Desa Kamiri, dan itu kami laksanakan kembali dengan tetap mengikuti himbauan pemerintah dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan setelah beraktifitas dan mandi," tuturnya.

Grup ini beranggotakan Sekwan Lutra, H.Aspar, pemilik toko duta musik, pemilik toko duta ilmu, pemilik hotel Yuniar dan sejumlah anggota lainnya.

Lari atau jogging dan senam secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari kesehatan jantung hingga membuat suasana hati jadi lebih bahagia, dan banyak hal berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental.

"Kami orang tua yang sudah berumur 50 tahun ke atas, memilih jenis olahraga lari dan senam karena olahraga ini dianjurkan bagi para orang tua dan juga bisa memperbaiki kebiasaan buruk, khususnya malas berolahraga bisa dilakukan dengan cara berlari yang bisa jadi alternatif untuk mulai menjalani hidup sehat," tambah Ketua Grup Embun Pagi Masamba, H.Muh Kasrum Patawari.

Dijelaskan, manfaat olahraga lari dan senam bagi orang tua untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, seperti mengecilkan betis, menurunkan berat badan, mengurangi kalori dalam tubuh, menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme tubuh. (yustus)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN