Putuskan Mata Rantai Covid-19, Semua Komponen Bahu-membahu

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan(Sulsel) bersama TNI, Polri, PMI, Tagana, Karang Taruna, Pramuka Peduli, dan segenap elemen masyarakat bahu-membahu memutuskan mata rantai covid-19 yang saat ini tengah mewabah.

Manifestasi perlawanan warga Lutra itu, melawan si kecil musuh tanpa wujud yang bernama Corona dan koloninya dalam bentuk penyemprotan disinfektan secara masif di sepanjang jalan poros Trans Sulawesi, mulai dari batas Luwu-Luwu Utara(Lutra) dan Luwu Utara-Luwu Timur(Lutim).

Di semua perbatasan wilayah ini, terdapat posko sebagai lokasi pengecekan dan penyemprotan disinfektan terhadap seluruh kendaraan yang masuk ke Luwu Utara.

“Penyemprotan ini salah satu upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” tutur Ketua harian gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Lutra, Muslim Muchtar pada wartawan media ini, Selasa(31/3/2020) di sela-sela kegiatan tersebut.

Muslim menyebutkan, penyebaran Covid-19 sangat cepat sehingga dibutuhkan upaya kolaboratif dan masif oleh seluruh pihak, guna mencegah penyebaran virus ini.

Partisipasi warga dalam mendukung protokol kesehatan sangat diharapkan, yakni tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun, melakukan karantina mandiri apabila baru pulang dari daerah yang terpapar covid-19.

"Melapor ke layanan kesehatan terdekat apabila batuk, demam, dan sesak nafas, serta pro aktif Kepala Desa, Kepala Dusun dan RT bila ada warga atau keluarga dari luar Kabupaten Lutra segera dilaporkan pada bidan desa di Pustu masing-masing,” terang mantan Kadis P2KUKM itu.

Jika kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah ini sudah dijalani dengan baik dan disiplin oleh masyarakat, Muslim meyakini pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 dapat terselesaikan lebih cepat.

Dengan begitu, katanya, Indonesia bisa keluar dari situasi ini. “Insya Allah, situasi ini akan segera kita atasi bersama, tentu dengan dukungan seluruh pihak,” pungkasnya.(yustus)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN