DiadukanTaufan Pawe ke Mapolda Sulsel, Mulawarman Mengaku Terhibur dan Tersanjung

 

SOROTMAKASSAR - MAKASSAR.

Mulawarman, wartawan senior yang siang kemarin diadukanTaufan Pawe ke Mapolda Sulsel, mengaku terhibur dan tersanjung dengan aduan mantan Walikota Parepare itu.

"Saya merasa telah dihibur Pak Taufan. Sungguh saya terhibur. Karena Taufan Pawe yang sebelumnya mensomasi saya, gegara tulisan saya yang judulnya 'Ketika Taufan Pawe Buang Handuk untuk Erna'. Itu tulisan yang masih mentah, masih draf, belum selesai, baru pengantar, baru prolog, baru 3 alinea, belum ada kesimpulan atau penutup sebagai tanda selesainya sebuah tulisan atau artikel," tutur Mulawarman setengah tertawa di ruang wartawan DPRD Sulsel, Rabu (03/07/2024) siang.

Tulisan itu, lanjut Mulawarman yang mengaku Senin pekan lalu menerima surat somasi dari Hasnan Hasbi, SH pengacara Taufan Pawe, dan hari ini menerima copy surat aduan Supardì, SH atas nama Taufan Pawe di Mapolda Sulsel, sama sekali belum menjadi berita, selain unsur berita 5W + 1 H belum lengkap, tulisan itu ditulis di grup WA, grup WA bukan ruang publik, WA ruang private, karena tidak semua orang bisa mengaksesnya.

"Sehingga tulisan itu bukan untuk publik luas, sebab masih seperti info atau pemberitahuan ke kalangan sendiri atau komunitas terbatas," lanjut Mul seraya menegaskan, tuduhan menyebarkan berita hoax, terbantahkan.

Dengan terbantahnya tulisan Mulawarman itu, bukan berita, otomatis tuduhan fitnah Taufan Pawe tidak benar, apalagi tidak ada kata, kalimat atau narasi yang mengandung penghinaan ke Taufan Pawe. Tulisan Mulawarman yang belum kelar itu, ditulis di laman WAG IKM Parepare guna mendapatkan masukan dari anggota WAG untuk kesempurnaan tulisan itu. Dan Taufan ada atau anggota di WAG IKM Parepare itu.

Negara Jamin Warganya Berpendapat

Mulawarman merasa tersanjung karena ternyata Taufan Pawe menghitung betul tulisannya. "Sehingga saya merasa selevel Taufan Pawe yang mantan Walikota Parepare 2 periode," ujarnya.

Meski demikian, Mulawarman menilai Taufan Pawe bukan tokoh publik, karena kalau Taufan Pawe tokoh publik, mantan Walikota Parepare, apalagi politisi Ketua DPD Partai Golkar Sulsel dan Anggota DPR RI terpilih, pasti tahu dan paham benar apa yang menjadi prinsip dasar demokrasi itu, adalah kebebasan.

"Kebebasan itu, memberi ruang yang terbuka tak bertuan ke publik untuk bebas menafsirkan, bernarasi, berpendapat tentang perilaku dan narasi tokoh publik, apalagi politisi seperti Taufan Pawe yang pasti tidak bisa bebas tafsir.

"Setiap hari publik bisa bebas menafsirkan dan berpendapat tentang perilaku dan narasi Taufan Pawe. Kalau Taufan Pawe paham itu dan menerima sebagai resiko menjadi tokoh publik, maka Taufan Pawe bisa disebut seorang demokrat," tambah Mulawarman.

Ditanya mengapa Mulawarman begitu perhatian pada pertemuan tertutup Taufan Pawe dengan RMS, mulawarman mengaku sebagai orang Parepare dirinya memiliki interest, karena pertemuan itu membicarakan Pilkada di Parepare dan yang bertemu adalah 2 tokoh kunci Pilkada Parepare, keduanya ketua partai pemenang Pileg di Parepare, karena sebagai jurnalis memiliki kewajiban untuk menafsirkan dan berpendapat tentang pertemuan itu untuk disampaikannya ke publik Parepare.

"Saya sebagai orang Parepare dan jurnalis, saya dijamin oleh negara untuk bebas menafsir lalu berpendapat ketika mengetahui ada pertemuan tertutup antara Taufan Pawe dengan RMS Ketua DPW Nasdem Sulsel," tandas Mulawarman. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN