Pemkab Gowa Laksanakan Musrenbang Pemuda

SOROTMAKASSAR -- Gowa.

Musrenbang pemuda di Kabupaten Gowa, merupakan Musrenbang pertama kalinya yang dilaksanakan di provinsi Sulawesi Selatan bahkan di tingkat nasional.
Musrenbang bertajuk Pemuda Gowa Cerdas untuk Indonesia Jaya ini, merupakan inisiasi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, untuk mendorong keterlibatan pemuda dalam kemajuan daerah.

Menurut Adnan, ide melaksanakan Musrenbang pemuda telah ada sejak tahun 2018 lalu, untuk mengumpulkan seluruh pemuda berprestasi di Gowa.

”Musrenbang pemuda ini adalah yang pertama kalinya ada di Sulsel bahkan di Indonesia,” kata Adnan saat pembukaan forum Musrenbang Pemuda 2019, di Baruga Karaeng Galesong, Jumat (22/03/2019) .

Musrenbang tersebut digelar dalam bentuk diskusi untuk membahas dan menyamakan persepsi dalam menggagas program pembangunan daerah dengan melibatkan seluruh pemuda melalui organisasi kepemudaan (OKP), termasuk dalam perancangan APBD 2020.

Musrenbang Pemuda 2019 yang digagas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gowa menghadirkan seluruh OKP yang terdaftar dalam Dinas Pemuda dan Olahraga Gowa, termasuk organisasi perempuan dan difabel.

Adnan yang juga menjabat sebagai Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) berharap pemuda dapat berpikir maju dan memberikan ide serta gagasan yang dapat menunjang kemajuan daerah hingga 15 tahun yang akan datang.

Sementara itu, Dewan Pengurus KNPI Sulsel, Muhammad Hasrul mengatakan, Bupati Gowa memiliki keberpihakan kepada peran pemuda di masa depan, terbukti dengan dilaksanakannya musrenbang khusus pemuda ini.

Keberpihakan Pemkab Gowa terhadap pengembangan kepemudaan terlihat dengan adanya peraturan daerah (Perda) tentang Pemuda. Ini berarti pemuda di Kabupaten Gowa diakui dengan mendapat legal hukum.

Dengan perda tersebut melegalkan seluruh perangkat daerah untuk melibatkan pemuda untuk peran apa pun.

Selain itu, pemerintah kabupaten Gowa juga menggagas program Seperempat Abad yaitu memberikan beasiswa pendidikan pada pemuda Gowa di yang kuliah di beberapa universitas di seluruh Indonesia. (alfian)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN