LDNU Siapkan Khatib Id Buat Warga Shalat di Rumah

SOROTMAKASSAR -- Makassar

Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Makassar menyiapkan khatib shalat Id bagi keluarga muslim yang berniat menunaikan shalat Id di rumah saja. Ada sekitar 500 khatib yang sudah dibekali materi khutbah Idul Adha yang akan dilangsungkan oleh ummat Islam sedunia, Selasa (20/7/2021).

Ketua LDNU H. Ashar Tamanggong saat ditemui wartawan seusai melangsungkan rapat persiapan di Sekretariat NU Makassar Jalan Ma'arif 26, Minggu (19/7/2021) mengatakan, langkah yang diambil menyiapkan khatib Id sebagai antisipasi atas keputusan pemerintah Kota Makassar yang mengharuskan pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini hanya dilakukan di rumah masing-masing.

"Langkah antisipasi ini memang spontanitas kita lakukan sebagai antisipasi kebijakan Walikota yang mengharuskan warga masyarakat muslim melakukan shalat di rumah masing-masing berhubung Sulsel, khususnya Makassar sudah berada dalam zona merah," kata H. Ashar Tamanggong.

Diakui Ashar Tamanggong yang juga menjabat Ketua Baznas Makassar, langkah yang diambil pemerintah sebetulnya perlu mendapat dukungan sepenuhnya dari elemen masyarakat, termasuk LDNU, karena keselamatan jiwa bagi setiap orang wajib dilindungi sementara Shalat Id hukumnya sunnat, tapi masih bisa ditunaikan di rumah masing-masing," ungkap H. Ashar yang dikenal luas sebagai da'i familiar dalam menjalankan tugas dakwah.

Untuk itu lanjutnya, bagi warga muslim yang berniat melaksanakan shalat Id di rumah bersama keluarganya dan mengalami kesulitan khutbah sebagai bagian dari sah tidaknya shalat Idul Adha dapat menghubungi langsung LDNU atau lewat hp no.0811-443-708.

H. Ashar menjelaskan, bahwa keseluruhan da'i yang disiapkan untuk bertindak khatib di rumah rumah muslim yang membutuhkan sudah terlatih selama ini, bahkan mereka sudah dibekali secara khusus untuk berkhutbah di tengah pandemi Covid-19. (Jurlan Em Saho'as).

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN