Sandiaga Uno Buka Bimtek dan Workshop Anugerah Desa Wisata Indonesia, ASS Usulkan 161 Desa Wisata

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis dan Workshop Online  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Zona B, yang digelar secara virtual, Jumat (16/7/2021).



Kegiatan tersebut menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu, dan sejumlah dewan juri ADWI 2021.

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno menjelaskan, kegiatan ADWI 2021 merupakan ajang bagi desa wisata di Indonesia untuk menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan ini juga sekaligus untuk membangun motivasi bagi pengelola desa dalam mengembangkan dan menjadikan desa sebagai penggerak ekonomi dengan mengedepankan kearifan lokal.

"Diharapkan dapat mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata dapat lebih berkembang, meningkatkan kapasitas masyarakat dan pengelola desa wisata, serta mengembangkan kreativitas dalam menciptakan konten kreatif. Sehingga dapat meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan. Menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan masyarakat," katanya.



Selain Plt Gubernur Sulsel, Pembukaan Bimtek dan Workshop Online ADWI 2021 ini, juga dihadiri sejumlah Gubernur lainnya, Kepala Dinas Pariwisata dari sejumlah provinsi dan kabupaten kota di Indonesia, kepala desa peserta ADWI 2021, dan sejumlah stakeholder pariwisata di Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan energi positif bagi pariwisata di Indonesia.

"Dengan kegiatan ini kami optimistis pariwisata kita bisa bangkit. Melihat animo pemerintah dan masyarakat terkait dengan pelaksanaan ADWI 2021 akan menjadi semangat dalam memberikan dorongan bagi kemajuan pariwisata di Indonesia," jelasnya.

Kegiatan ini, kata Vinsensius, adalah salah satu program unggulan yang menjadi fokus Menparekraf dalam pengembangan desa wisata di Indonesia, yang tujuannya menjadikan desa wisata sebagai destinasi wisata berdaya saing.

Selain ADWI 2021, lanjut Vinsensius, komitmen pengembangan desa wisata juga ditunjukkan Kemenparekraf dengan melakukan sertifikasi desa wisata berkelanjutan pada tahun 2020 yang diberikan kepada 16 desa wisata.

"Di tahun ini, ditargetkan sertifikasi akan diberikan kepada 60 desa wisata. Hingga saat ini jumlah desa wisata yang telah mendaftarkan diri sebagai Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebanyak 1.582 peserta," ucapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengaku untuk pelaksanaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, pemerintah provinsi telah mengusulkan 161 desa wisata dari 24 kabupaten kota di Sulsel.

 "Alhamdulillah dari kabupaten kota kami usulkan 161 desa wisata untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar Kemenparekraf," katanya.

Dari seluruh desa yang telah didaftarkan, menurut Plt Gubernur akan menjalani Bimbingan Teknis dan Workshop berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Kemenparekraf, yakni pada Jumat 30 Juli 2021. Pengumuman pemenang lomba ADWI 2021 akan dilaksanakan pada Bulan Desember mendatang.

Dengan demikian, Plt Gubernur meminta kepada seluruh desa yang telah didaftarkan dalam even tersebut untuk mempersiapkan diri menjalani Bimbingan Teknis dan Workshop yang digelar Kemenparekraf.

"Penetapan juara di Bulan Desember 2021. Semua desa yang sudah kita usulkan harapan kami teregistrasi dalam sistem kementerian untuk program-program berkelanjutan," tegasnya.

Untuk kategori lomba, dikutip dari laman https://jadesta.com/adwi2021, ada 7 kategori yakni, Kategori Home Stay, Kategori CHSE (Cleanliness-Kebersihan, Health-Kesehatan, Safety-Keamanan, dan Environment-Ramah lingkungan), Kategori Toilet, Kategori Suvenir, Kategori Daya Tarik Wisata, Kategori Desa Digital, dan Kategori Konten Kreatif. (ril)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN