Mulai Ada Hasil, Sosialisasi Penerapan Prokes di Pasar

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Sejak intens melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) di pasar-pasar, kesadaran para pedagang dan pembeli di pasar tradisional Makassar mulai terlihat hasilnya.


Demikian Direktur Utama PD Pasar Makassar, Basdir saat berkunjung ke beberapa media di Makassar, Senin (14-09-2020).

Kesadaran itu, kata Basdir, berkat upaya yang dilakukan PD Pasar Makassar yang rutin melakukan imbauan protokol kesehatan setiap hari di beberapa pasar. Tidak hanya itu pihak PD Pasar juga dibantu oleh jajaran TNI Polri dalam memberikan eduksi kepada pedagang dan pembeli.

“Awal Pandemi, kami akui masih sangat sulit mengedukasi pedagang dan pembeli. Tapi sekarang Alhamdulillah kesadaran pedagang dan warga sudah cukup baik,” kata Basdir.

Menurutnya sekitar 70 hingga 80 persen pedagang sudah mulai patuh dan itu terlihat di beberapa pasar tradisional di Makassar.



Selain itu, PD Pasar Makassar Raya juga telah menyiapkan fasilitas cuci tangan, beberapa surat edaran yang dipajang di pasar.

Dalam kunjungan tersebut, Basdir didampingi Direktur Operasional PD Pasar Makssar, Saharuddin Ridwan dan sejumlah pegawai.

Senada dengan itu, Saharuddin menambahkan pihaknya telah menyiapkan sanski untuk pedagang yang lalai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau tiga kali kami tegur tidak mendengar kami suruh pulang, jika tidak menerapkan protokol kesehetan,” jelasnya.

Upaya lain yang dilakukan pihak PD Pasar Makassar Raya adalah menyiapkan sistem aplikasi belanja online dan offline dengan transaksi non tunai.

“Jadi ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan pedagang dan pembeli. Lewat aplikasi online dan sistem operator dengan call center. Jadi pembeli sisa menelepon call center di 10 titik pasar yang telah tersedia. Nanti diantarkan oleh anggota kami,” jelasnya. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN