JICA Pilih Gowa Lokasi Latihan Peringatan Dini


SOROTMAKASSAR -- Gowa.

Kabupaten Gowa terpilih sebagai lokus kegiatan latihan peringatan dini dan evakuasi banjir Sungai Jeneberang yang diselenggarakan oleh JICA Expert on Comperhenship Disaster Risk Reduction.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ihsan Parawangsa menjelaskan kegiatan ini pertama di Indonesia.

"JICA memilih Kabupaten Gowa sebagai lokasi pertama di Indonesia diadakannya kegiatan latihan peringatan dini. Sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti ini," jelas Ihsan di sela-sela rapat persiapan di Kantor BPBD Provinsi Sulsel.

"Selama ini kita melakukan simulasi untuk evakuasi korban bencana. Latihan Peringatan dini sebenarnya bertujuan untuk meminimalisir jumlah korban terutama korban jiwa. Karena berfokus bagaimana mengevakuasi masyarakat sejak awal atau kata lain sejak ada deteksi dini. Sehingga kedepan JICA mengharapkan Gowa menjadi pilot project," tambahnya.

Simulasi berlangsung Rabu (22/01/2020) di Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga. Lokasi ini dipilih karena tahun lalu banjir dari Sungai Jeneberang terbesar berada di lokasi.

Kegiatan ini merupakan proyek kerjasama JICA bersama BNPB, Kementerian PUPR dan Konsultan CTI Engineering International Japan.

Serta melibatkan beberapa elemen didalamnya seperti BMKG, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jeneberang hingga masyarakat yang berada di lokasi sekitar. (alfian)
 

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN