Penuhi Kebutuhan Listrik di Selayar, PT PLN Pusat Akan Alokasikan Anggaran Rp 15 Miliar

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Untuk memenuhi kebutuhan energi listrik PLN di Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, PLN Pusat di Jakarta akan mengalokasikan anggaran senilai Rp 15 miliar pada tahun 2019 ini.

Alokasi anggaran itu akan digunakan untuk memperbaiki jaringan listrik mulai dari Pamatata pada bagian utara hingga Appatanah dibagian selatan Pulau Selayar.

Termasuk pengadaan mesin sampai pada pengadaan tiang beton yang saat ini sementara dalam pendistribusian ke lokasi di Tangkala Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, Selayar.

Ini sebagai hasil tindaklanjut dari pertemuan Bupati Kepulauan Selayar, HM Basli Ali yang didampingi Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kepulauan Selayar, Iwan J Prawira dengan General Manager (GM) PT PLN Persero Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi di Jakarta belum lama ini.

Kehadiran HM Basli Ali disambut baik oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi PT PLN, Syamsul Huda serta sejumlah kepala devisi PLN Pusat. Selain itu juga hadir GM PT PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Bambang Yusuf.

Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kepulauan Selayar, Bustamin yang dihubungi via selulernya di Makassar kemarin kepada media ini mengungkapkan, PT PLN Persero Pusat di Jakarta akan menggelontorkan dana sebesar Rp 15 miliar.

Menurutnya, dana ini akan digunakan untuk memperbaiki jaringan listrik yang dimulai dari mesin pembangkit di PLTD Tangkala hingga pendistribusian alat dan tiang beton ke lokasi.

Sebab ada sejumlah titik lokasi yang memerlukan penggantian tiang besi dengan tiang beton sekaligus akan bersamaan dengan penggantian kabel listrik terbuka serta beberapa peralatan lainnya sehingga nantinya listrik PLN di Selayar akan lebih optimal pemanfaatannya bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.

Dari hasil pantauan, lanjut Bustamin, sejumlah peralatan dan tiang beton sementara dalam proses pendistribusian ke Selayar.

Dikatakan Bustamin, sebenarnya penyebab kesering padamnya lampu PLN di Selayar bukan diakibatkan karena faktor kerusakan mesin akan tetapi 99 persen pemadaman itu disebabkan oleh gangguan jaringan dan oleh pemilik pohon yang kadangkala tidak mengerti jika dilakukan pemangkasan atau penebangan.

Ini yang kadang menyebabkan masyarakat konsumen menjadi kesal. Karena itu pihak PLN mengimbau kepada seluruh warga yang memiliki pohon disekitar jaringan kabel listrik untuk secara bersedekah merelakan pohon miliknya dipangkas atau ditebang demi untuk kepentingan umum tanpa harus menuntut ganti rugi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Selayar, Dr Ir H Marjani Sultan, M.Si yang ditemui media ini diruang kerjanya membenarkan upaya yang dilakukan oleh Bupati, HM Basli Ali.

Untuk memenuhi kebutuhan energi listrik didaerah ini berbagai upaya dan langkah telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Salah satunya adalah menemui PT PLN Persero di Jakarta untuk mengatasi kegaduhan masyarakat Selayar akibat keseringpadamnya lampu PLN baik di malam maupun di siang hari tanpa pernah berhenti dan mengakibatkan sebagian aktifitas masyarakat merasa terganggu.

Dalam pertemuan dengan Pemda, tambah Marjani, pihak PLN Selayar meminta pemerintah setempat untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang akan melakukan perbaikan jaringan mulai dari Pamatata hingga Appatanah.

Tugas dari Satgas ini adalah melakukan penebangan pohon yang dianggap mengganggu jaringan termasuk penggantian tiang dari besi ke beton sekaligus penggantian kabel terbuka menjadi tertutup.

"Satgas ini juga akan melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman serta menyadarkan masyarakat untuk merelakan pohon kelapa dan pohon lain miliknya untuk ditebang dengan melibatkan kepala desa, camat, TNI, Polri dan tokoh masyarakat setempat," kunci Marjani Sultan. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN