Jelang Idul Fitri 1440 H, Kapolres Gowa Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Aksi Kejahatan

SOROTMAKASSAR -- Gowa.

Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H sudah didepan mata. Sebagian masyarakat pun kini memanfaatkan momen libur lebaran ini untuk mudik ke kampung halamannya.

Menyikapi hal itu, Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, SIK, MSi pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gowa agar senantiasa waspada dan selalu berhati-hati terhadap aksi kejahatan yang dapat terjadi sewaktu-waktu, khususnya bagi masyarakat yang hendak melaksanakan mudik dan meninggalkan rumah dalam kosong.

"Menjelang Idul Fitri 1440 H, berbagai aksi kejahatan harus diwaspadai dan diantisipasi, sebab banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan aksi kejahatan. Untuk itu, kami ingatkan kepada masyarakat agar memastikan rumahnya dalam kondisi terkunci dengan baik saat ditinggal mudik," kata AKBP Shinto Silitonga, Jumat (31/05/2019) pagi.

Masyarakat pun diminta untuk tidak lupa memastikan kompor hingga sambungan listrik di dalam rumahnya dalam keadaan mati, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami juga meminta masyarakat yang tidak melaksanakan mudik, untuk turut berpartisipasi menjaga kamtibmas di wilayah tempat tinggalnya, salah satunya dengan membantu mengawasi rumah tetangganya yang sedang mudik, sehingga dapat mempersempit ruang gerak pelaku yang berniat melakukan kejahatan," tambah Kapolres Gowa.

Lebih lanjut, Kapolres juga tak luput mengingatkan bagi masyarakat yang hendak melaksanakan mudik, untuk tetap berhati-hati selama perjalanan.

"Bagi pengemudi, pastikan lengkap administrasi dalam melakukan perjalanan, mulai dari SIM dan lain-lain, serta pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang prima, dan apabila mengantuk, agar segera mencari pos maupun rest area yang ada," terang AKBP Shinto Silitonga.

Kapolres pun mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya preventif, melalui pelaksanaan patroli rutin, baik siang maupun malam hari, guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

"Aksi kejahatan terjadi apabila ada kesempatan. Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat untuk daoat bekerja sama dengan kepolisian dalam mewujudkan lingkungan yang aman dan kondusif. Jika ada gerak-gerik yang mencurigakan, jangan segan-segan untuk melaporkannya ke pihak kepolisian," tutup AKBP Shinto Silitonga. (*dion)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN