Dinkes Sinjai Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sinjai

SOROTMAKASSAR -- Sinjai.

Sebagai bentuk dukungan dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, sesuai kebijakan pemerintah pusat, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai akan melakukan Vaksinasi Covid-19.

Sekaitan dengan hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sinjai, Selasa (26/01/2021).

Rakor yang dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Andi Ilham Abubakar, dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan drg. Farina Irfani, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sinjai, Akhriani serta perwakilan puskesmas di sembilan kecamatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Andi Ilham Abubakar mengatakan, rapat koordinasi tersebut pihaknya gelar untuk mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi. Kata dia, vaksin Sinovac diperkirakan akan tiba di Kabupaten Sinjai beberapa hari kedepan.

"Vaksinasi tahap pertama untuk Sinjai itu rencananya dilaksanakan 1 Februari mendatang," ungkapnya.

Seperti rencana semula dalam vaksinasi ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes). Tetapi terdapat 10 orang yang dilakukan secara simbolis seperti Bupati, Wakil Bupati, anggota Forkopimda, termasuk Kepala Dinas Kesehatan dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

"Saat ini kita menunggu kedatangan vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi. Sudah kita siapkan untuk di Gedung Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK), hari ini kita juga rapatkan mengenai bagaimana mekanisme pelaksanaannya nanti," ujarnya.

Dia mengatakan, nantinya seluruh puskesmas menjemput sendiri vaksinnya, dengan mendapat pengawalan khusus dari Kapolsek dan Koramil masing-masing, kecuali puskesmas di Sinjai Barat, Borong dan Selatan itu akan diantarkan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten.

"Vaksinnya dilakukan di masing-masing puskesmas. Jadi ada 17 fasilitas kesehatan (Faskes) termasuk RSUD kita siapkan," kata
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai itu.

Dia menerangkan bahwa terdapat kategori kondisi kesehatan yang tidak bisa diberikan vaksin Covid-19 produksi Sinovac, diantaranya pernah terkonfirmasi menderita Covid-19. (AaN)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN