IPIM Luwu Curhat, Bupati Bakal Seleksi Imam Masjid

SOROTMAKASSAR -- Luwu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, Sulawesi Selatan, berencana memprogramkan seleksi imam masjid dalam rangka meningkatkan kualitas dan kesejahteraan imam masjid di daerahnya.
Bupati Luwu H. Basmin Mattayang mengungkapkan keinginannya itu saat memberikan sambutan pada rapat kerja pengurus Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kabupaten Luwu, di Aula Kantor Kementerian Agama Luwu, Belopa, Jumat (23/10/2020).

Menurut Basmin, saat menjabat Bupati sebelumnya di tahun 2004 kesejahteraan imam masjid sudah menjadi perhatiannya dengan memberi insentif sekalipun belum memadai.

"Saya juga baru tahu kalau sekarang ini seperti itu kondisinya sekarang," ungkapnya.

Diakui Basmin, eksistensi imam masjid sangat penting. Sebagai ujung tombak pelaksanaan ibadah umat Islam.

"Jika pengurus masjid tugas utamanya adalah hal-hal yang berkaitan dengan managemen dan teknis, maka tugas imam masjid adalah hal-hal yang bersifat pembentukan dan pembinaan moral spiritual," ujar Basmin.

Karenanya, kita harapkan imam masjid mampu selalu menghidupkan ruh masjid, baik terhadap pengurus maupun jamaahnya.

Untuk keberlangsungan mengurus kebutuhan umat, utamanya terkait dengan urusan ibadah dan spiritual masyarakat yang sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Maka lanjutnya, diperlukan seorang imam masjid yang memiliki landasan ilmu agama yang baik dan luas serta kefasihan dalam membaca Alquran.

Ketua IPIM Sulsel KH Masykur Yusuf, S.Ag, M.Ag dalam sambutannya sangat mengapresiasi harapan besar Bupati dalam rangka membina dan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan imam masjid di daerahnya.

"Kehadiran Bupati saja dalam acara ini sudah menunjukkan betapa besar perhatian beliau terhadap para imam di daerahnya," kata Kiai Masykur.

Pada acara pembukaan Raker, Ketua DPW IPIM Sulsel menyerahkan bantuan kepada 5 orang Imam Masjid Kabupaten Luwu, masing-masing Imam Masjid Agung Luwu, Imam Masjid Raya Al-Islah Belopa, Imam Masjid Besar Al-Mahsyar Padang Sappa, Imam Masjid Buntu Mata’bing dan Imam Masjid Al-Ikhwan Desa Senga. (jur)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN