'Killing The Champion' Buat Persija di Laga Tunda, Apakah Persib Bernasib Sama ?

Oleh : Muh. Ansharullah Amin

SETELAH rangkaian pertandingan pekan ke-31 rampung, pertandingan BRI Liga 1 memasuki jeda kompetisi karena adanya agenda FIFA Matchday buat Timnas Indonesia yang sudah terjadwal.

Pertandingan ini untuk perbaikan peringkat rangking FIFA dimana Timnas Indonesia yang rangking 151 menghadapi timnas Burundi yang lebih baik 10 tingkat dari Timnas Indonesia, rangking 141.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Operator BRI Liga 1 PT Liga Indonesia Baru yang menjadwal ulang sebanyak 9 pertandingan yang tertunda dampak dari Tragedi Maut di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan sebanyak 135 orang.

Dalam jadwal ini ada 3 laga krusial bagi 2 kandidat juara lainnya yang membuntuti PSM Makassar yang masih kokoh di puncak klasemen dengan perolehan poin 69, sementara Persib Bandung menempati posisi kedua dengan poin 59, sedangkan Persija Jakarta di urutan ketiga klasemen dengan perolehan poin 54.

Tiga laga krusial yang dimaksud adalah, pertama, pertandingan antara Persib Bandung yang menjamu Bhayangkara FC di Stadion Pakansari Bogor. Kedua, pertandingan antara Persita Tangerang yang menjamu Persija Jakarta di Stadion Indomilk Arena Stadium. Dan ketiga adalah pertandingan yang paling krusial karena Persija selaku tuan rumah akan menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Karno.

Persib Bandung pada tanggal 24 Maret 2023 lalu walaupun penuh ketegangan melakoni dengan sukses laga tundanya melawan Bhayangkara FC. Dalam laga ini, sebenarnya Persib Bandung menguasai jalannya pertandingan, tampil sebagai tuan rumah menekan sejak awal babak pertama dimana pada menit ke-37 mencetak gol yang memanfaatkan bola rebound dari sundulan David Da Silva yang ditepis kiper Bhayangkara FC, Awan Setho.

Memasuki babak kedua, Arsitek Pasukan Maung Bandung Luis Milla belum mengganti satupun pemainnya, mantan pelatih Timnas Indonesia merasa nyaman dengan penampilan anak asuhnya. Terbukti pada menit ke-67 Persib mengganda keunggulan lewat tembakan jarak jauh dari David Da Silva. Unggul 2:0.

Luis Milla menarik Beckham Putera menggantikannya dengan Febri Hariyadi untuk melakukan penyegaran. Namun tidak lama setelah pergantian ini ketegangan pemain Persib mulai terjadi 6 menit setelah mencetak gol kedua, gawang Teja Paku Alam kebobolan hasil dari tendangan keras kaki kiri Alex Martins, skor berubah 2:1.

Setelah berhasil memperpendek selisih gol, giliran Bhayangkara yang mulai punya kepercayaan diri mengambil alih permainan dengan mengandalkan umpan-umpan pendek mengepung dan menggempur pertahanan Persib, yang hampir saja menyamakan kedudukan melalui peluang Alex Martins namun tidak dapat dieksekusi dengan baik padahal sudah mampu melewati kiper Persib Teja Paku Alam.

Keadaan yang mencekam ini Luis Milla langsung menarik Ciro Alves dan menggantinya dengan Rizaldi Hehanussa untuk memperkuat pertahanan. Taktik ini jitu karena hingga pluit panjang berakhirnya babak kedua skor tetap dengan kemenangan Persib 2:1.

Lain halnya kalau skor imbang maka Persib akan merelakan gelar juara pada PSM Makassar, karena walaupun menang disemua sisa laganya dan PSM kalah disemua sisa laganya poinnya akan sama tetapi PSM masih menang head to head dari Persib.

Intinya sekarang, Persib masih punya kans juara dengan catatan harus menang di sisa laganya, jangan sampai tergelincir seri apalagi kalah, hal yang dialami Persija.

Disisi lain, apes bagi Persija Jakarta yang tidak mengikuti kesuksesan Persib. Di laga tunda yang dimainkan pada tanggal 28 Maret 2023 lalu yang bertandang ke Markas Persita Tangerang di Stadion Indomilk Arena Stadium.

Hal ini, berefek pada dipangilnya 6 pemain andalan Macan Kemayoran julukan Persija mengikuti Pelatnas yakni Muhammad Ferarri, Doni Tri Pamungkas, Riko Simanjuntak, Witan Sulaiman, Syahrian Abimanyubdan dan Hansamu Yama.

Pendekar Cisadane yang berstatus tuan rumah sebenarnya mendapat tekanan dari Persija dari menit awal. Tim besutan Thomas Doll berusaha unggul lebih cepat di laga kali ini, namun Persita yang diarsiteki oleh Luis Duran Edmundo menampilkan permainan apik dengan pertahanan yang kokoh.

Hal ini membuat pemain asing termahal Persija, Michael Krmencik dan kawan-kawan kesulitan dalam menembus pertahanan kokoh Persita yang sampai turun minum skor masih imbang 0:0.

Memasuki babak kedua, giliran Persita yang menguasai permainan. Ramiro Pergonzi mencoba untuk melalukan serangan dari berbagai lini, akan tetapi tetap mengalami kesulitan menembus tembok kokoh pertahanan Persija.

Upaya Persita hampir membuahkan hasil ketika Wildan Ramdhani berasil membobol gawang Andritany setelah memanfaatkan umpan dari Vidal, namun gol itu dianulir karena bola lebih dulu meninggalkan lapangan sebelum sampai ke kaki Wildan.

Akhirnya Nasib Apes menimpa tim yang dibesut oleh Thomas Doll pada menit akhir babak kedua, menit ke-88, lewat aksi eks pemain Borneo Javlon Guysenov yang berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Persija. Goool.....

Killing The Champion, berakhir sudah pengharapan Persija untuk juara di musim ini, karena dengan hasil seri saja, Persija sudah tidak akan mampu melewati perolehan poin PSM yang kokoh di puncak klasemen, namun Tim Macan Kemayoran masih bisa berharap finish di posisi kedua menggeser Persib.

Seperti diketahui, setelah memainkan 1 laga tundanya masing-masing, Persib dan Persija akan saling berhadapan di laga tundanya yang terakhir. Ini akan digelar pada hari ini, tanggal 31 Maret 2023 dan Persija yang bertindak sebagai tuan rumah dan digelar di Stadion Patriot Chandrabaga yang telah diputuskan tanpa supporter kedua tim.

Disaat yang bersamaan PSM akan melakoni laga tandangnya ke Markas Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Madura. Kita tunggu momen ini, apakah Persija juga pasrah berebut posisi kedua atau malah terjungkal dari posisi ketiga, karena masih ada beberapa tim di bawah Persija yang berjuang di posisi itu. Hal yang sama buat Pasukan Maung Bandung, yang pantang dengan hasil seri di sisa laganya.

Namun harapan Persib bisa saja Sirna, kalau PSM bisa mendulang poin penuh di kandang Madura United karena seperti diketahui Lasykar Ayam Jantan dari Timur julukan lain PSM hanya butuh poin 2 untuk mengunci gelar juara. Kita tunggu ! (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN