Kadis Sosial Pantau Penyaluran Bantuan Sosial 227 KPM di Benteng Selatan

SOROTMAKASSAR - KEPULAUAN SELAYAR.

Kepala Dinas Sosial Kepulauan Selayar, Hj Satmawaty, S.Sos, MAP kembali memantau pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) periode Oktober sampai Desember 2022 yang disalurkan oleh PT Pos Cabang Selayar di Kantor Kelurahan Benteng Selatan, Senin (28/11/22) pagi.

Hj Satmawaty yang didampingi Kepala Kantor Pos Cabang Selayar, Saparuddin dalam kesempatan itu menjelaskan, besaran bantuan yang diterima oleh 227 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) bervariasi sebab memang tidak semua menerima tiga (3) item bantuan sekaligus yaitu BLT BBM, Sembako dan PKH.

"Itulah yang menjadi penyebab sehingga besaran nominal yang diterima tiap KPM berbeda. Bantuan Sosial ini bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia," ungkap dia.

Dari total 227 KPM untuk Kelurahan Benteng Selatan, Kecamatan Benteng, Kepulauan Selayar, Propinsi Sulawesi Selatan lanjut Satmawaty, ada 2 KPM yang belum menerima yaitu Hapipa dan Rahmi masing-masing beralamat Jl Lamuru Bonehalang. Hapipa sudah meninggal dan sebagai ahli waris adalah suaminya, Alimuddin. Saat ini Alimuddin sedang sakit dan berada di Pulau Polassi Kecamatan Bontosikuyu. Ia penerima PKH dan BLT BBM. Sedangkan Rahmi adalah penerima PKH, BLT BBM dan Sembako yang sudah pisah dengan suaminya dan sementara dijejaki keberadaannya.

Penyaluran BLT BBM ditangani oleh Kantor Pos yang ditunjuk Pemerintah Pusat. Mereka yang menerima adalah warga miskin yang sangat terdampak atas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa dipergunakan sesuai peruntukannya. Seperti kebutuhan sembilan bahan pokok yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula dan lainnya. Khususnya bagi yang sudah lanjut usia. Bukan digunakan untuk beli kursi tamu dan baju pesta yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Sedangkan untuk PKH dapat dimanfaatkan untuk membeli pakaian seragam sekolah, sepatu, tas dan buku tulis.

Melalui kesempatan ini pula perlu disampaikan bahwa jangan saling memprotes. Mengapa sudah dapat BLT BBM masih juga dapat PKH dan BPNT atau Sembako. Itu memang satu paket. Dan yang menyalurkan itu adalah PT Pos. Bukan Dinas Sosial. Ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah melalui Kementerian Sosial RI di Jakarta. 

"Termasuk penyandang disabilitas, orang tua lanjut usia serta anak yatim. Selanjutnya nanti bagi yang tidak memperoleh bantuan untuk BLT BBM dan PKH serta BPNT akan dibantu lagi untuk Inflasi di Kelurahan Benteng Selatan sebanyak 20 KPM bagi lansia dan disabilitas. Bantuan ini harus sampai dan tepat sasaran. Kecuali yang sudah meninggal dan tidak ada ahli warisnya," kunci Satmawaty.

Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Hj Satmawaty selaku Kadis Sosial Kepulauan Selayar secara simbolis kepada ibu Surya salah seorang warga Jl Sunu Kelurahan Benteng Selatan senilai Rp 900.000,-. Untuk Kelurahan Benteng Selatan sedikitnya ada 227 KPM dengan total bantuan senilai Rp 359.250.000,-. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN