Selama Tahun 2022, 51 Bencana Terjadi di Sinjai

SOROTMAKASSAR - SINJAI.

Personel gabungan dari berbagai unsur di Kabupaten Sinjai, mengikuti apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. Apel kesiapan yang berlangsung di halaman eks Kantor Bupati Sinjai dipimpin oleh Wakil Bupati Hj. A. Kartini Ottong yang mewakili Bupati Sinjai, Jumat (18/11/2022) pagi.

Gelar pasukan terdiri dari jajaran TNI, Polri, BPBD, Dishub, Satpol PP, PDAM, Damkar dan relawan lainnya turut dihadiri para Forkopimda, Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Kabag dan Camat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum memperkuat kerjasama penanggulangan bencana antar institusi/organisasi melalui ketersediaan peralatan penunjang, peringatan dini evakuasi serta tanggap darurat.

"Kondisi geografis wilayah Kabupaten Sinjai yang terdiri dari pesisir dan pulau-pulau kecil dataran hingga perbukitan dan pegunungan menjadikan sebagai wilayah rawan terjadi bencana seperti banjir, gelombang tinggi tanah longsor, angin kencang, kekeringan serta kebakaran lahan dan hutan," jelasnya.

Jika tidak diantisipasi dengan baik akan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta dampak kerugian material kehilangan harta benda bahkan bisa berakibat terhadap jatuhnya korban jiwa.

Lebih lanjut dikatakan, menurut data BPBD Sinjai sepanjang Tahun 2022 telah terjadi sekitar 51 kejadian bencana hidrometeorologi yang terjadi akibat perubahan cuaca. Jumlah ini terdiri dari tanah longsor 28 kejadian, angin kencang 16 krjadian dan banjir genangan 7 kejadian.

"Kondisi ini tentunya menjadi bahan pemikiran kita bahwa masih diperlukan upaya yang maksimal baik di tingkat daerah desa dan kelurahan hingga masyarakat," pungkasnya.

Usai apel pasukan, dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan kesiapan personel maupun sejumlah peralatan SAR seperti perahu karet, peralatan dapur umum, kendaraan evakuasi, peralatan medis, alat berat dan sebagainya. (AaN)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN