Jaring Talenta Berbakat, Pangdam XII/Tpr Buka Piala Kasad Liga Santri PSSI Provinsi Kalbar

SOROTMAKASSAR - KUBU RAYA.

Guna menjaring talenta berbakat di bidang olahraga sepak bola, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, SIP, MM membuka gelaran Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022 Provinsi Kalimantan Barat. Opening ceremony berlangsung di Lapangan Sepak Bola Perkasa Tanjungpura, Makodam XII/Tpr.

Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022 kali ini diikuti sebanyak 8 klub dari Pondok Pesantren di wilayah Kalbar. Untuk mekanisme pertandingan dibagi menjadi 2 grup. Untuk grup 1 diantaranya kesebelasan dari PP Al Mukhlisin Mempawah, PP Al Muhajirin Sambas, PP Darul Maarif Al Falah, Sintang dan PP Miftahul Ulum, Kubu Raya.

Sedangkan untuk grup 2 ada kesebelasan dari PP Yasti, Singkawang, PP Nur Ilahi, Ketapang, PP Al Jihad, Kapuas Hulu dan PP Hidayatullah, Sanggau. Delapan kesebelasan ini akan berkompetisi untuk merebutkan juara serta tiket mengikuti kompetisi lanjutan di tingkat nasional.

Pembukaan Liga Santri ditandai dengan tendangan bola pertama oleh Pangdam XII/Tpr pada pertandingan yang mempertemukan antara kesebelasan PP Al Mukhlisin Mempawah dengan PP Al Muhajirin Sambas serta pertandingan eksebisi oleh para Pati, Asisten dan Kabalakdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto saat memberikan keterangan menyampaikan, turnamen ini merupakan inisiatif dari Kasad yang dilaksanakan oleh seluruh Kodam jajaran TNI Angkatan Darat. Turnamen dimulai dari tingkat kabupaten dan provinsi kemudian nanti akan dipilih untuk mengikuti pertandingan nasional.

Selanjutnya kata Pangdam, sesuai rencana partai final untuk wilayah Kalbar akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus mendatang. Kemudian yang menang nantinya akan dikirim ke Bandung, Jawa Barat termasuk juga juara dari Provinsi Kalimantan Tengah.

"Harapannya, sesuai dari pimpinan TNI Angakatan Darat dari Liga Santri ini akan muncul bibit-bibit pesepakbola nasional yang bersumber dari santri," kata Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Sedangkan Ketua Asprov PSSI Kalbar, Suyanto Tanjung mengapresiasi terhadap inisiatif Kasad untuk menyelenggarakan Liga Santri ini. Menurutnya melalui liga ini, santri-santri di Indonesia bisa ikut berkompetisi dan mencetak bibit bibit unggul untuk mengantarkan Timnas juara di tingkat Internasional nantinya.

"Untuk di Kalbar kita mengapresiasi Panglima yang telah menyelenggarakan acara ini. Dan berharap kegiatan-kegiatan seperti ini selalu diadakan. Jujur masyarakat haus dengan olah raga apalagi sepak bola. Ini olah raga popular yang disukai oleh masyarakat kita," ucapnya.

Sebagai informasi, pada laga perdana Piala Kasad Liga Santri PSSI tahun 2022 wilayah Kalbar dimenangkan oleh kesebelasan dari PP Al Mukhlisin Mempawah. Kesebelasan dari PP Al Muhajirin Sambas dipaksa harus mengakui keunggulan lawannya, skor 2-1 untuk kemenangan PP Al Mukhlisin. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN