Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha

Oleh : Miguel Dharmadjie, ST, CPS®, CCDd® (Penyuluh Agama Buddha Non PNS Provinsi Sulsel & Penyuluh Informasi Publik)

EMPAT puluh orang pengurus Rumah Ibadah Agama Buddha dari berbagai vihara, cetiya dan klenteng se-kota Makassar mengikuti kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha yang diadakan Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan di Bone Room, Ibis Makassar City Center, Sabtu (25/09/2021).

Kegiatan bertema "Melalui Kegiatan Fasilitasi Moderasi Lembaga Keagamaan Buddha, Kita Tingkatkan Kerukunan, Kerjasama Keberagaman di Sulawesi Selatan" ini dibuka oleh Pembimas Buddha Sulsel, Pandhit Amanvijaya, S.Ag, MM, M.Pd.B.

Acara pembukaan dihadiri Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) Provinsi Sulsel, Miguel Dharmadjie, ST, CPS®, CCDd®; salah seorang Penyuluh Agama Buddha Non PNS Sulsel selaku moderator, Fanny, SE; dan Ketua Panitia, Sulis Widiantoko, SE.

Pembimas Buddha Sulsel dalam sambutannya mengatakan, kegiatan fasilitasi moderasi lembaga keagamaan Buddha merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai negara majemuk, Indonesia kaya akan keberagaman suku bangsa, agama, budaya, bahasa dan lain-lain. Keberagaman yang ada menjadi kekuatan bagi bangsa ini untuk maju. Keberagaman ini hendaknya dapat dikelola dengan baik dengan mengembangkan moderasi beragama, baik intern maupun antar umat beragama.

Termasuk dalam lembaga keagamaan Buddha. Para pengurus lembaga keagamaan Buddha diharapkan dapat mengembangkan moderasi beragama. Dalam berorganisasi para pengurus diharapkan tidak memaksakan kebenaran dan kehendaknya sendiri, tetapi senantiasa menghargai dan menghormati pengurus lembaga keagamaan Buddha lainnya.

"Untuk itu para pengurus lembaga keagamaan Buddha diharapkan dapat menjadi lebih moderat dalam berorganisasi. Mari kita tingkatkan kerukunan dan kerjasama antar lembaga keagamaan Buddha dengan mengembangkan moderasi beragama dalam segala aspek kehidupan," pesan Pembimas Buddha.

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari dengan menerapkan protokol kesehatan ini para peserta memperoleh materi : "Praktek Beragama yang Moderat" (Penyuluh Agama Buddha Non PNS Provinsi Sulsel & Penyuluh Informasi Publik, Miguel Dharmadjie, ST, CPS®, CCDd®), "Praktek Jalan Tengah Berbasis Kearifan Lokal" (Praktisi Pendidikan, Rudy Gunawan, BA, CPS®) dan "Pemahaman tentang Tradisi-Tradisi Keagamaan Buddha" (Ketua PD Magabudhi Sulsel, Pdt Hemajayo Thio). (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN