Gelar Diskusi Publik di Makassar, PPMI Sulsel Hadirkan 3 Narasumber

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Perkumpulan Persaudaraan Muslim Internasional DPD I Provinsi Sulawesi Selatan disingkat PPMI DPD I Sulsel, International Moeslem Brotherhood (IMB) menggelar kegiatan Diskusi Publik dalam meneguhkan komitmen bersama yang diselenggarakan di Hotel Horison, Makassar, Sabtu (24/07/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema “Meneguhkan Komitmen Pengamalan Pancasila Dalam Bingkai NKRI” dilaksanakan di lantai 2 Hotel Horison Makassar, dengan tetap melakukan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi. Pesertapun dibatasi dan tetap menjaga jarak saat acara berlangsung.

PPMI DPD I Sulsel sebagai penyelenggara itu, sebagai support utama oleh media online wartasulsel.net menghadirkan berbagai tokoh Islam dari berbagai kelompok ormas Islam baik yang berada di PPMI Sulsel sendiri maupun berada diluar PPMI Sulsel.

Selain itu, pemateri dihadirkan 3 orang yakni Prof. Dr. Ir. H. Musbir Tahir, M.Sc (Ketua Umum PPMI DPD I Sulsel dan juga merupakan Guru Besar Unhas), kemudian Dr. H. Husen Sarujin, SH, MM, M.Si, MH (Tokoh Nasional Brigade BKPRMI Pusat), dan Burhanuddin Marbas, S.Pd Aktivis Muda/Direktur Eksekutif Center For Islamic Research And Consultasy (CIRC)).

Prof Dr. Ir. H. Musbir Tahir, M.Sc menyampaikan, ukhuwah (persatuan) saat ini harus diperkuat agar tidak terjadi penurunan ikatan persatuan dalam internal umat. Lanjutnya lagi, bahwa kita tidak boleh saling berbeda pendapat dalam ajaran islam, yang kita inginkan hanya persaudaraan Islamiah demi terwujudnya keadilan dan kemakmuran serta menuju kesejahteraan umat.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PPMI DPD I Sulsel/Guru besar Unhas Prof. Dr. Ir. H. Musbir Tahir, M.Sc menyatakan pentingnya kita selalu mendekatkan diri dalam hubungan persaudaraan, dikarenakan kita berdasarkan Pancasila yang dimana dalam 5 butir Pancasila tak lepas dari Alquran, dan ini bukan cuma ada di Indonesia saja, namun perkumpulan persaudaraan Muslim internasional sudah ada di negara lain.

Guru besar Unhas ini mengutarakan pula, jika pemimpin bertaqwa maka seluruh pengikutnya ikut bertaqwa dan begitupun sebaliknya jika pemimpin berbuat kezaliman maka akan berdampak pula pada pengikutnya.

Menurutnya lagi, kita tidak usah saling bertentangan tentang soal berbeda pendapat dalam agama Islam. "Intinya adalah ketakwaan seseorang umat manusia," ungkap H. Musbir Tahir.

Musbir Tahir juga menyampaikan pesan agar tidak terpancing adu domba, kita harus bercermin dengan ulama-ulama terdahulu panutan ulama yang jujur dan sholeh.

Jamaludin Manda selaku sekretaris panitia PPMI Sulsel menambahkan, kegiatan ini tak lain memberi pemahaman kepada semua peserta diskusi publik persaudaraan Muslim Internasional yang ada di Sulsel untuk bagaimana memahami pengamalan arti nilai-nilai yang terkandung dalam isi butir-butir Pancasila mulai dari sila pertama hingga sila kelima yang sangat erat kaitannya dengan yang terkandung dalam isi ayat-ayat suci Al-Qur’an. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN