Remaja Barru Juara I Putra Duta Genre Sulsel 2020

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Nama Kabupaten Barru kembali gemilang, khususnya dalam Lomba Duta Generasi Berencana (Genre) yang dihelat Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan.

Muh. Dedy Sasmita, dari Forum Genre Lanakka Kabupaten Barru berhasil menyabet Juara I Putra Duta Generasi Berencana (Genre) Sulawesi Selatan tahun 2020 setelah menyisih lawan-lawannya.

Juara I Putri Duta Genre terpilih Munadian Yunadia Sahabuddin, dari Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja Peduli SMA Negeri 17 Makassar. Pasangan ini kelak akan mewakili Sulawesi Selatan dalam pemilihan Duta Genre Nasional yang biasanya dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Hasil lengkap pemilihan Guta Genre Sulsel tersebut :

Juara Putra : 1. Muh. Dedy Sasmita (Forum Genre Lanakka Barru), 2. Ilham (PIK Remaja Great and
Clever Togetherness Enrekang), 3. Muhammad Haritsa (PIK Remaja Generik SMAN 4 Luwu Utara), 4. Muhammad Ilham Anugrah Syam (PIK Remaja Smeksas SMKN 2 Gowa), 5. Muhammad Andri Alvian (PIK Remaja Sehati Parepare), 6. Lukman (PIK Mahasiswa ADIAIM Sinjai).

Juara I Putri Duta Genre Sulsel 2020

 

Juara Putri : 1. Munadian Yunadia Sahabuddin (PIK Remaja Peduli SMA Negeri 17 Makassar), 2. Samintang (Forum Genre Kabupaten Luwu Timur), 3. Minarni (PIK Remaja Cendana UPT SMAN 7 Wajo), 4. Sri Reski Ananda (PIK R Great and Clever Togetherness Enrekang), 5. Indri Lestari (PIK Remaja Teratai SMKN 1 Bulukumba), 6. Kartiwi (PIK Remaja Sobat SMAN 1 Takalar).

Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan menggelar acara Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Sulawesi SelatanTahun 2020 dalam suasana yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya akibat wabah Covid-19. Meskipun demikian, tidak menyurutkan semangat para peserta remaja se-Sulawesi Selatan turut memeriahkan lomba tersebut.

Lomba kali ini bertema “Satu Tujuan Seribu Langkah Menuju GenRe Hebat” dan dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi SulawesiSelatan, Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd di Hotel Horison Ultima Makassar, Sabtu (10/10/2020) lalu.

Lomba ini menghadirkan 5 orang yang tergabung dalam Tim Juri masing-masing : Eva Maizara Puspita Dewi, S.Psi, M.Psi (Dosen PsikologiUniversitas Negeri Makassar), Hj. Ceke Karai, SH, MH (Pembina GenRe Sulsel), Deybie Yanti Berdame (Widyaiswara BKKBN Sulsel), Dr. Jamaluddin Sawaji (Akademisi) dan Fadly (Duta Genre Sulsel).

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) BKKBN Sulsel, Hj. Siti Sulfiani, S.Sos, M.Si yang juga Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, kegiatan Apresiasi Duta GenRe dimaksudkan memilih duta-duta GenRe dari kabupaten/kota menjadi promotor, konselor, teladan dan contoh bagi generasi remaja guna menghindari triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yaitu menghindari Pernikahan Dini, Seks PraNikah dan Napza.

Siti, demikian perempuan cantik berkulit putih ini akrab disapa, menyebutkan, dalam Ajang Pemilihan Duta GenRe Sulsel 2020 ini, ada dua tahapan pelaksanaan yaitu babak penyisihan yang berlangsung sejak tanggal 29 September s/d 4 Oktober 2020, dilaksanakan di enam zonasi, yaitu Makassar I, Makassar II, Makassar III, Bulukumba, Wajo dan Enrekang dengan jumlah peserta sebanyak 48 orang.

Babak Grand Final berlangsung dari tanggal 9 s/d 10 Oktober 2020 dilaksanakan di Makassar dan diikuti 12 peserta terbaik 1 putra putri hasil babak penyisihan. Pada puncak Grand Final Apresiasi Duta GenRe Sulsel 2020, Putra asal Kabupaten Barru, Muh. Dedy Sasmita dinobatkan sebagai Juara I Putra Duta GenRe Sulsel 2020 dan Munadian Yunadia Sahabuddin wakil Kota Makassar sebagai Juara I Duta GenRe Putri Sulsel 2020.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd dalam arahannya mengatakan, Pemilihan Duta Genre merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan guna memilih figur remaja sebagai Brand Ambassador yang mampu berperan dalam menyosialisasikan Program Genre secara luas.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap Duta Genre yang terpilih dapat menjadi roll model, panutan dan contoh bagi
remaja lainnya dalam menyosialisasikan program GenRe di lingkungan sekitar,” ungkap Andi Rita, sapaan mantan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat tersebut.

Ia mengatakan selain memilih promoter Program Genre, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi kepada remaja-remaja
Indonesia yang tergabung dalam PIK-Remaja yang secara sukarela aktif berperan sebagai pendidik dan konselor sebaya.

Andi Rita menyebutkan, Program Genre merupakan wadah mengembangkan karakter bangsa di kalangan generasi muda dengan mengajarkan remaja agar menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza guna menjadi remaja tangguh dan mampu berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

“Dalam pembangunan manusia, pembinaan remaja memiliki peran yang strategis. Pertama, karena remaja merupakan individu-individu calon penduduk usia produktif yang pada saatnya kelak akan menjadi subjek atau pelaku pembangunan sehingga harus disiapkan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas,” katanya.

Kedua, karena remaja merupakan individu-individu calon pasangan yang akan membangun keluarga dan calon orang tua bagi anak-anak yang dilahirkannya sehingga perlu disiapkan agar memiliki perencanaan dan kesiapan berkeluarga.

Foto bersama para peserta Lomba Duta Genre Sulsel 2020

 

Kesiapan berkeluarga merupakan salah satu kunci terbangunnya ketahanan keluarga dan keluarga yang berkualitas sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi yang berkualitas.

“Apabila gagal dalam membina remaja, bukan hanya menjadi ancaman kegagalan pembangunan karena gagal menyiapkan aktor-aktor pembangunan, tetapi juga ancaman kegagalan kualitas generasi berikutnya karena gagal dalam menyiapkan para calon orangtua,” tandas Andi Rita.

Melalui kegiatan Apresiasi Duta Genre ini diharapkan mampu melahirkan agen-agen promotor Genre yang cerdas, berkualitas, dan inovatif yang mampu menerapkan dan memberi contoh kepada teman sebayanya agar tidak menikah usia dini, tidak melakukan seks bebas, dan tidak menggunakan Napza.

“Saya berharap melalui Duta Genre terpilih, sosialisasi dan promosi program Genre di lingkungan remaja akan lebih gencar dan mampu mengajak remaja-remaja yang lain untuk turut serta bergabung dalam kegiatan Remaja baik itu melalui Kelompok PIK Remaja yang ada di sekolah dan kampus maupun di Forum GenRe,” kunci Andi Rita. (MDA)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN