Pemprov Sulsel Fasilitasi Rapid Test, Terbang Bersama Garuda Aman dan Nyaman

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Kini calon penumpang Garuda Indonesia tak perlu mengeluarkan uang jika ingin melakukan Rapid test. Pemprov Sulsel memfasilitasi secara gratis di Bandara Sultan Hasanuddin. Sebelumnya, pekan lalu dukungan juga diberikan Pemprov pada maskapai lainnya, yakni Lion Air.

"Ini bagian dari memberikan kemudahan pada masyarakat. Karena tidak semua mampu, jadi kami hadir bukan hanya di Garuda tetapi di beberapa gerai, kita buka untuk memberikan layanan rapid test," kata Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa 4 Oktober 2020.

Kepada Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, Prof Nurdin menyebutkan ini sebagai bentuk sinergi untuk memudahkan masyarakat yang akan bepergian.

Sedangkan, Irfan Setiaputra menyebutkan pertemuan dengan mantan Bupati Bantaeng tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan publik untuk terbang bersama maskapai plat merah ini.

"Penting kita bersama-sama untuk meningkatkan kepercayaan publik untuk terbang lagi," sebutnya.

Imbuhnya, masyarakat harus diberikan kepastian bahwa bepergian dengan menggunakan transportasi pesawat udara aman.

Setiap penerbangan Garuda menerapkan physical distancing (jarak fisik) pada masa pandemi Covid-19 ini, karena tidak semua kursi penumpang dipenuhi.

"Kita komitmen untuk itu, karena kita percaya, bahwa berdekatan itu memunculkan resiko yang sangat tinggi untuk penyebaran. Kedua kita minta semua untuk menggunakan masker dalam pesawat dan memastikan mereka semua mengikuti protokol kesehatan, rapid test dan lainnya," jelasnya.

Untuk sirkulasi udara di kabin pesawat, Garuda juga menerapkan teknologi penyaringan udara HEPA. Ia memastikan sirkulasi udara aman, sebab di pesawat aliran sirkulasi secara vertikal.

"Tolong dipahami kabin pesawat itu sebenarnya adalah tempat yang paling aman, karena sirkulasi udaranya itu vertikal, sirkulasinya tidak horisontal, di situ ada HEPA. Dimana HEPA filter itu memfilter udara dan mensirkulasi lagi dengan bersih," jelasnya.

Ia menegaskan berdasarkan pengalaman beberapa bulan selama pandemi ini, belum pernah mengalami kejadian ada kasus penyebaran Covid-19 di Garuda.

"Kita terus memastikan bahwa itu tidak kejadian, kita mengajak masyarakat yang sudah mau terbang dan pengen terbang, monggo (silahkan) dengan Garuda, kita akan pastikan perjalanan anda ke tujuan itu aman dan nyaman," pungkasnya. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN