Gubernur Sulsel Buka FGD Penanganan Banjir dan Longsor Bersama Prof Kubota


SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H.M. Nurdin Abdullah membuka acara Forum Grup Disscusi (FGD) penanganan banjir dan longsor bersama Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Kyorin Jepang, Prof. Hiroshi Kubota, di Gedung Rektor Unhas Makassar, Jumat (20/09/2019).

Kegiatan tersebut dianggapnya sangat penting untuk diikuti dinas terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, terlebih semua yang dilakukan pemerintah Jepang mengenai penanganan banjir dan longsor semua dilakukan berdasarkan hasil penelitian dan bukan berdasarkan kira-kira.

"Mereka (Jepang) ini tidak ada satupun kebijakan tanpa melalui riset, kalau kita (Indonesia) ini selalu banyak kira-kiranya," kata Prof. Nurdin Abdullah dalam kesempatan FGD tersebut.

Melalui FGD ini menjadi kesempatan bagi seluruh elemen untuk sama-sama menjaga hutan agar terhindar dari banjir dan longsor. Kejadian banjir beberapa tahun terakhir ini disebabkan karena sudah terlalu dangkalnya sepanjang sungai di Sulsel.

"Mari kita sama-sama menjaga gunung dan air kita. Kenapa banjir itu terjadi karena sungai kita semakin dangkal," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Diketahui hal tersebut sudah pernah dilakukan dirinya saat menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bantaeng dalam hal ini berhasil merubah Bantaeng dulu kebanjiran ketika musim hujan dan kekeringan saat musim kemarau, saat ini sudah tidak ada lagi gangguan tersebut.

"Saya kira kita bisa melihat daerah di Sulawesi Selatan, Jeneberang dan Sungai Saddang sudah kritis, jadi perlu langkah-langkah kita," tegas mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

Olehnya itu dirinya meminta izin kepada Prof Kubota untuk membuka acara yang sangat luar biasa ini. Prof Kubota sendiri adalah salah satu guru besar di fakultas pertanian di Jepang yang memiliki cara berpikir yang luar biasa. "Izinkan saya untuk membuka FGD dengan resmi," pungkasnya.

Hadir juga pada acara FGD tersebut Ketua TGUPP Prof Yusran, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Kyorin Jepang, Prof Hiroshi Kubota, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Pertanian dan seluruh tamu undangan lainnya. (*)
 

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN