Jelang Masa Kampanye, Bawaslu Toraja Utara Adakan Rapat Sentra Gakkumdu

SOROTMAKASSAR - TORAJA UTARA.

Menjelang masa kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), Bawaslu Kabupaten Toraja Utara menggelar Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu dalam rangka optimalisasi penanganan pidana pada Pemilu 2024 di Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung di Hotel Heritage Kecamatan Kesu, Sabtu (18/11/2023).

Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu pada tahapan kampanye ini dimulai pada pukul 14.00 Wita dengan dipandu oleh Arifin yang juga unsur Ketua Bawaslu Toraja Utara dan diikuti seluruh Sentra Gakkumdu Kabupaten Toraja Utara, yang terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan. 

Ketiga unsur ini hadir untuk membahas langkah-langkah strategis guna menjamin kelancaran tahapan masa kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Toraja Utara, Briken Linde Botting, SH dalam sambutan pembukaannya mengatakan, kegiatan ini menjadi momentum penting dalam persiapan masa kampanye Pemilu tahun 2024. "Mari kita melakukan pengawasan demi kebaikan untuk amannya Pemilu 2024," ujarnya.

"Tugas-tugas pelaksanaan pengawasan dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden agar selalu kita proaktif dalam melakukan pencegahan. Kalau ditemukan terjadi suatu pelanggaran dalam tahapan kampanye nanti mari kita ambil keputusan bersama, karena di masa kampanye sangat berpotensi terjadi pelanggaran," papar Briken.

Kata Briken, pentingnya kolaborasi antar instansi untuk mengawal proses Pemilu yang adil dan berkualitas. Di sisi lain, perwakilan dari kepolisian dan kejaksaan
juga menyampaikan komitmen mereka untuk memastikan keamanan, penegakan hukum, serta kelancaran informasi selama periode kampanye.

Rapat ini berlangsung hingga malam hari yang dilanjutkan dengan diskusi mendalam mengenai strategi pengawasan, pencegahan pelanggaran, serta upaya untuk meningkatkan partisipasi publik dalam proses demokrasi ini.

Diharapkan, hasil dari rapat ini akan menjadi dasar kuat bagi pihak terkait untuk berkolaborasi secara efektif guna mewujudkan Pemilu yang bersih, aman, dan transparan pada tahun 2024.

Hadir dalam rapat Sentra Gakkumdu diantaranya Ketua Bawaslu Toraja Utara Briken Botting, SH, Kapolres Toraja Utara yang diwakili Yosef Kanit Tipikor dan Desiana Kapriana, SH, MH Kasi Datun Kejaksaan Negeri Makale mewakili Kajari Tana Toraja serta PLH Kacabjari Rantepao. (man)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN