IWA Mbojo Unhas Sambut Maba 2022

SOROTMAKASSAR - MAKASSAR.

Ikatan Mahasiswa (IWA) Mbojo Universitas Hasanuddin, Rabu (17/08/2022) menyambut mahasiswa baru Universitas Hasanuddin yang berasal dari Kabupaten Bima dan Dompu. Acara yang berlangsung di Sekretariat IWA Mbojo Unhas Kompleks Perumdos Unhas Tamalanrea tersebut dihadiri Pembina IWA Mbojo Unhas Dr. H. M. Dahlan Abubakar, M.Hum, Muhammad Alauddin (Alan), S.Kel. yang juga Ketua I IWA Mbojo Unhas dan Ketua IWA Mbojo Periode 2022-2023 Aditia Ardiansyah didampingi Pengurus IWA Mbojo Unhas lainnya.



Berdasarkan catatan IWA Mbojo Unhas, pada tahun akademik 2022/2023 ini, terdapat 26 lulusan dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) di Kabupaten Bima dan Dompu diterima di Unhas. Mereka itu terbanyak diterima melalui jalur Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN) dan beberapa di antaranya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri. Mereka tersebar pada sejumlah fakultas di Unhas, minus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Pembina IWA Mbojo Unhas M. Dahlan Abubakar selain menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru, juga mengingatkan bahwa tujuan utama para mahasiswa meninggalkan kampung halaman adalah untuk menuntut ilmu. Oleh sebab itu, para mahasiswa harus memanfaatkan waktu sefektif mungkin untuk belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan.

“Anak-anakku dilepas oleh orang tua di Bima ke Makassar dengan satu misi, yakni belajar. Kalian diterima oleh universitas bergengsi dan elite di tanah air yang banyak orang ingin menjadi mahasiswanya. Maka, bersyukurlah, kalian merupakan orang-orang pilihan menjadi mahasiswa perguruan tinggi berjaket merah ini,” ujar mantan Kepala Humas Unhas tersebut.

Dia menekankan, organisasi IWA Mbojo merupakan tempat berhimpun dan untuk belajar berorganisasi. Di organisasi para mahasiswa dapat belajar dan dikaderisasi untuk menjadi orang yang bisa tampil di tengah masyarakat kelak. Juga sebagai tempat belajar bekerja sama dalam melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dosen Tidak Tetap Unhas yang juga Tokoh Pers versi Dewan Pers tersebut menyampaikan rasa bangga karena IWA Mbojo selalu proaktif dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Misalnya ketika Teluk Bima dilanda “alga boom” pada April 2022, para anggota IWA Mbojo Unhas segera melaksanakan diskusi mencari solusi ilmiah mengenai "insiden lingkungan” yang untuk pertama kalinya terjadi di Teluk Bima tersebut.

“Kebetulan pula Dr. (H.) Syafyuddin M. Yusuf, ST, M.Si juga berada di Bima, sehingga dapat menjadi narasumber utama dalam diskusi yang kemudian mengeluarkan rekomendasi ilmiah mengenai insiden lingkungan perairan tersebut,” ujar kakek enam cucu itu.

Pada kesempatan itu, Muhammad Alauddin, S.Kel menyampaikan sejarah terbentuknya IWA Mbojo. Dia mengatakan, organisasi lahir dari sebuah keresahan para pembina Mahasiswa Unhas yang berasal dari Bima, Taufik dan didukung penuh oleh pembina IWA Mbojo Unhas kemudian seperti Dr. (H) Syafruddin M. Yusuf, ST, M.Si, Dr. (H) Ikhwan M. Said, M.Hum, dan Dr. H. M. Dahlan Abubakar, M.Hum.

“Semula organisasi ini bernama Kesatuan Mahasiswa Bima Dompu (Kemabid),” ujar Alan, panggilan akrab Muhammad Alauddin yang di Bima kerap disapa dengan “Odin”.

Upaya untuk membentuk organisasi IWA Mbojo diawali dengan menginventarisasi para mahasiswa yang kebetulan sedang menggalang dana bagi korban banjir bandang di Bima pada akhir tahun 2016 yang dilaksanakan di depan Pintu I Unhas. Ternyata para mahasiswa yang menggalang dana itu seluruhnya mahasiswa Unhas. Dari mereka inilah dilaksanakan pertemuan untuk membentuk organisasi ini dan memilih Muhammad Alauddin sebagai ketua pada periode I organisasi terbentuk.

Acara penyambutan yang berlangsung sederhana ini diwarnai perkenalan para anggota Pengurus IWA Mbojo Unhas dan para mahasiswa baru Unhas, diakhiri sesi berbagi (sharing session) antara Pengurus IWA Mbojo dengan para mahasiswa baru. (MDA)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN