Eko Suroso Pimpin Upacara Renungan Suci di TMP Buntu Lepong Toraja Utara

SOROTMAKASSAR - TORAJA UTARA.

Apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Buntu Lepong, Kecamatan Rantepao, Kabuapten Toraja Utara, Selasa (16/08/2022) malam berlangsung khidmat.

Apel kehormatan dan renungan suci ini setiap tahun dilakukan jelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dan menjadi tradisi dalam mengenang para arwah pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam upacara itu, bertindak sebagai Pimpinan Apel Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, Perwira Apel Kasat Samapta H. Ismail Samad, dan Komandan Apel Kapolsek Sesean Iptu Damianus Nisa.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Viktor Palimbong, ST, Dandim 1414 Tator Letkol Inf. Monfi Ade Candra, SIP, M.Han, Ketua Pengadilan Negeri Tana Toraja Chairil Anwar, SH, MH, dan Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja Erianto L. Paundanan.

Turut hadir dalam upacara, anggota DPRD Toraja Utara, Waka Polres Toraja Utara Kompol Marten Buttu, para Kabag Polres Toraja Utara, para Kepala OPD Toraja Utara, para Danramil, serta para Kapolsek jajaran Polres Toraja Utara.

Kapolres Toraja Utara membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci sekaligus menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian sebagai pahlawan demi kebahagian bangsa. "Kami berdoa semoga arwah para pahlawan yang telah mendahului kita diterima oleh Allah SWT," ucapnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan hadirin tamu sebagai penghormatan dan renungan suci oleh para tamu undangan.

Kapolres Toraja Utara AKBP AKBP Eko Suroso mengatakan, melalui acara renungan suci diharapkan dapat mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan, terutama pahlawan kemerdekaan. “Kami berjanji akan meneruskan perjuangan para pahlawan. Untuk itu perjuangannya akan kami lanjutkan,” tegasnya.

“Berkat kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah, sehingga udara kebebasan dapat kita nikmati sampai saat sekarang,” kata Kapolres.

Kapolres menuturkan, dalam setiap tahunnya, tradisi tersebut selalu dijadikan momentum dalam mengenang arwah para pahlawan yang gugur di medan perang maupun yang telah menutup usia usai kemerdekaan. (man*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN