Aliansi Masyarakat Burau Peduli Lingkungan Desak DLH dan DPRD Lutim Evaluasi Izin Amdal PT Mandiri Palmera Agrindo

SOROTMAKASSAR - LUWU TIMUR.

Pada 25 Juni 2022 yang lalu sekitar pukul 7.30 pagi, Nasri salah seorang warga setempat, menemukan limbah di drainase perusahaan melebur ke sungai kecil di bawah jembatan pabrik jalan dusun mengarah ke sanggona yang terhubung langsung ke sungai besar, kejadian seperti ini ditenggarai sudah beberapa kali terjadi.

Ardiyansah yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Burau Peduli Lingkungan mengungkapkan, meleburnya limbah perusahaan ke Daerah Aliran Sungai (DAS), akan mengancam keberlangsungan kehidupan ekosistem wilayah tersebut.

"Keresahan masyarakat sebagai bentuk ancaman terhadap keberlangsungan kehidupan dalam menikmati lingkungan yang baik dan sehat," jelas Ardi saat menghubungi media ini melalui aplikasi telekomunikasi, Sabtu (02/07/2022).

Sebagai bentuk penegasan, negara wajib hadir dalam pemenuhan hak setiap warganya untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, hal itu diamanatkan dalam pasal 28 H ayat 1 UUD 1945 lebih lanjut dijabarkan dalam UU PPLH untuk memperkuat perencanaan dan pengelolaan lingkungan hidup serta penegakan hukum lingkungan juga memberi perlindungan bagi rakyat dari kerusakan lingkungan.

Meleburnya limbah di Daerah Aliran Sungai sekitar, karena adanya kelalaian dari pihak pabrik sehingga membuat tanggul jebol akibat terkena alat berat excavator, namun faktanya di lapangan diduga tidak ada kebobolan kolam penampungan tersebut.

"Untuk itu, kami dari Aliansi Masyarakat Burau Peduli Lingkungan mendesak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan DPRD Kabupaten Luwu Timur, mengevaluasi kembali izin Analisa Mengenai Dampak Lingkungan alias Amdal dari PT Mandiri Palmera Agrindo Burau," tutup Ardiansyah berapi-api. (Hdr)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN