Setahun Memandang Tumpukan Sampah, Siapa Peduli ?

* Oleh : Rachim Kallo.

Bulan Februari ini tepat setahun pandanganku tak berubah. Longgok kayu gelondongan, bambu, papan, ranting-ranting. setumpuk plastik dan sisa minuman air mineral terbawa arus ke bibir pantai. 


Kami pecinta hidup sehat dari Komunitas IKA Smaga (Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 3 Makassar) setiap hari minggu melakukan terapi air laut dengan merendam diri di air laut di pantai Anging Mammiri, Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Salah satu destinasi wisata pantai bagi warga Kota Makassar.

Kepedulihan itu kami lakukan sejak 3 Februari 2018 dengan melaksanakan SATGAS PEDULI IKA SMAGA – AKSI PEDULI PANTAI. 

Di tempat yang sama kami juga melaksanakan kegiatan serupa dalam rangka peringatan HUT RI ke 73 dengan tajuk Family Ghatering. Alhasil, siapa peduli ? Dimana carenya pemerintah dan stakeholder ?

Burhamzah salah satu senior IKA Smaga angkat bicara dengan mengatakan, tumpukan kayu di pesisir pantai yang cukup mengganggu aktifitas masyarakat disana dan pengunjung pantai. "Pantai itu tempat lange-lange (mandi-mandi) anak Smaga kodong,” ujar Kak Bur begitu biasa disapa dan ia pun berharap, Walikota harus memerintahkan Camat dan Lurahnya untuk mengatasinya.

Persoalan tumpukan sampah kiriman pasca banjir, terkondisikan di Pantai Anging Mammiri dan sekitarnya harus mendapatkan atensi secara serius. 

Ketua IKA Smaga, Arief Manyingarri mengajak khususnya anggota IKA Smaga senantiasa peduli akan kebersihan dan keindahan pantai tersebut. Sebagai bukti lanjut Dg. Liong menambahkan, kami sudah buktikan setiap hari minggu dan jadikan agenda rutin, kami para alumni selalu berendam serta berenang di pantai tersebut dan setelah itu kami lanjutkan kerja bakti bersih-bersih pantai yang kami sebut IKA SMAGA PEDULI PANTAI.

Kepedulihan harus diwujudkan. Perlukah KERJA BAKTI BERSAMA ? Ternyata Komunitas IKA Smaga bersama warga setempat menantang Pemerintah Kota Makassar dan Stakeholder untuk secara rutin kerjasama dalam bentuk KERJA BAKTI BERSAMA !!!

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN