Peringati HAB ke-73, Puluhan Ribu Aparatur Kemenag se-Sulsel Ramaikan GKJ

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Saat matahari pagi mulai muncul di ufuk Timur, puluhan ribu Aparatur Kementerian Agama (Kemenag) se-Sulawesi Selatan sudah berbondong-bondong menyerbu Lapangan Karebosi, Kota Makassar.

Kedatangan mereka pada Minggu (06/01/2019) pagi tadi untuk mengikuti kegiatan Gerak Jalan Kerukunan (GJK) dalam rangka memperingati Hari Jadi Kementerian Agama yang ke-73 atau yang dikenal dengan Hari Amal Bakti (HAB).

Gerak Jalan Kerukunan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu diantara sejumlah rangkaian kegiatan HAB ke-73 di Provinsi Sulsel. Dimana pada tanggal 2 Januari 2019 lalu dilaksanakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar.

Kemudian dilanjutkan dengan Anjangsana ke sejumlah Panti Asuhan, lalu pelaksanaan Upacara Peringatan pada 3 Januari 2019 di Kantor Gubernur, dan akan ditutup nantinya dengan Ramah Tamah di Asrama Haji Sudiang Makassar pada 7 Januari 2019.

Melihat Antusiasme Peserta GJK, diperkirakan jumlah peserta yang hadir sekitar 40 ribuan. Hal ini melebihi ekpektasi yang telah direncanakan sebelumnya.

"Selaku Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel, saya haturkan terima kasih atas atensi dan kehadiran semuanya. Ini membuktikan warga Kementerian Agama di Sulsel solid dan bersatu. Olehnya itu mari jaga kebersamaan ini seterusnya," ungkap H. Anwar Abubakar selaku Kakanwil saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel H. M. Roem dalam testimoninya sebelum melepas secara resmi peserta GJK Kemenag Sulsel menyampaikan kekagumannya kepada Kementerian Agama.

Menurutnya, Kementerian Agama yang sudah berusia 73 tahun ini telah memperlihatkan pengabdian dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini, khususnya dalam pembangunan di bidang Keagamaan, dan khusus di Sulsel kita semua merasakan hasilnya.

"Semoga Kementerian Agama khususnya di Sulsel bisa lebih baik lagi kedepan, dan hari ini kita apresiasikan kegembiraan kita atas ulang tahun Kemenag," tandasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia HAB ke-73 Tingkat Provinsi Sulsel, H. Kaswad Sartono melaporkan, seperti GJK sebelumnya, disamping mengundang seluruh Aparatur Kemenag se-Sulsel, panitia juga melibatkan para Wali Agama se-Sulsel, Ormas Lintas Agama, dan seluruh mitra kerja serta kolega Kementerian Agama.

Hal ini untuk menegaskan bahwa kerukunan antar umat beragama di Sulsel terjalin sangat baik sebagaimana tema besar yang diusung pada HAB ke-73 tahun ini yaitu "Jaga Kebersamaan Umat".

"GJK ini mengambil rute Lapangan Karebosi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Karunrung, Jalan Ahmad Yani memutar sampai Lapangan Karebosi kembali. Panitia menyiapkan sejumlah doorprize diantaranya 2 paket Umrah, kendaraan bermotor, sepeda, barang elektronik, dan sejumlah hadiah lainnya termasuk uang tunai," tambah Kaswad.

Sejumlah petinggi dan pejabat tampak hadir di podium utama dan ikut Gerak Jalan Kerukunan bersama peserta yang sudah menyemut sejak pagi, diantaranya Ketua DPRD Sulsel H. M. Roem, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel H. Anwar Abubakar, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Ketua PKK Provinsi Sulsel, Karo Kesra Pemprov Sulsel, para Kakankemenag Kabupaten/Kota se-Sulsel, perwakilan dari Wali Agama dan Ormas Keagamaan serta Pengurus DWP Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel.

Yang unik dari Gerak Jalan Kerukunan Kemenag Sulsel tahun ini adalah seluruh peserta disuguhi sejumlah atraksi diantaranya 'Senam Satu Dunia Satu Keluarga', persembahan Tarian Barongsai dari Matakin (Khonghuchu) dan Klenteng Xian Ma, atraksi Musik Patrol dari Santri Ponpes Assalman Allekkuang Sidrap serta Orkes Gambus Shautul Islam. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN