Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Tinjau Pengangkutan Sampah di Trashrack Panampu

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Sebagai salah satu upaya mewujudkan "2019 Pelabuhan Makassar yang Tertib, Aman, Selamat, Sehat dan Nyaman", Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Harno Trimadi didampingi oleh Kabid Renbang, Bambang Sutrisna, SS, MSi dan Kasi Design & Pembangunan, Drs Muhammad Ramir Tomu melakukan peninjauan ke trashrack Penampu yang merupakan kanal yang dilengkapi dengan penjaring sampah.

Di lokasi kunjungan terlihat anggota Lantamal VI sedang bekerja mengangkut sampah dari kanal ke truk yang tersedia dengan menggunakan peralatan yang ada di lokasi.

Lokasi ini menjadi penting bagi Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, karena kanal ini menjadi salah satu kanal yang mempunyai akses langsung ke perairan di Daerah Lingkungan Kerja (DLKr) Pelabuhan Makassar. Apabila sampah yang ada di trashrack Penampu tidak diangkut maka dikuatirkan terjadi banjir di kawasan sekitarnya.

Dampak lainnya adalah sampah akan memenuhi perairan DLKr Pelabuhan Makassar. Kondisi ini akan mengganggu kapal-kapal yang akan sandar di Makassar New Port (Intan Makassar Terminal) yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian, dan diharapkan dapat dioperasikan dalam waktu dekat.

Selain akan mengganggu kapal yang akan menggunakan MNP, keberadaan sampah di DLKr Pelabuhan Makassar ini juga akan mengganggu aktifitas kapal di dermaga Lantamal VI dan aktifitas keluar masuk kapal di galangan kapal PT IKI.

Harno, sapaan akrab Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar berharap penanganan sampah dapat dilakukan secara terkoordinasi antar stakeholder. Sosialisasi kepada masyarakat akan dampak negatif membuang sampah sembarangan menjadi prioritas utama, disamping penyediaan prasarana dan penegakan aturan. Peran Pemerintah Daerah Kota Makassar, Lantamal VI, dan masyarakat merupakan hal yang sangat penting.

Melihat kondisi ini, Harno berharap besar akan peran serta PT Pelindo IV (Persero) sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) di Pelabuhan Makassar dalam membantu mencari jalan keluar kondisi ini, untuk mewujudkan 2019 Pelabuhan Makassar yang Tertib, Aman, Selamat, Sehat dan Nyaman. (jw)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN