GKP Diharap Tingkatkan Mutu Pendidikan di Gowa

SOROTMAKASSAR -- Gowa.

Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP) adalah merupakan bagian dari misi pembangunan yang dilakukan Bupati Gowa. Program tersebut dimulai dari meningkatkan layanan pendidikan, dimana diharapkan nantinya akan meningkatkan mutu pendidikan.

Kadis Pendidikan Kabupaten Gowa Dr Salam, MPd, Jumat (27/12/2018) mengaku hal itu tidak bisa dilakukan secara instan atau semudah membalik telapak tangan.

Dibutuhkan waktu dan beberapa tahap pembenahan pada unsur manusia atau SDM.

“Saat ini, kita sudah dikunjungi beberapa kabupaten, termasuk Yogjakarta sehubungan dengan pendidikan. Insya Allah, di 2020 GKP akan terealisasi,” ujar Salam. 

Beberapa langkah strategis yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa dalam mewujudkan Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP), diantaranya adalah membenahi sistem persekolahan, sentra pendidikan, pembelajaran berbasis ramah anak dan Inggris Camp.

Menurut dia, ada empat belas poin pada pengembangan tata kelola sistem persekolahan, yang terbagi kedalam dua bagian berupa pembenahan unsur manajerial dan akademik. Khusus pembenahan akademik, dilakukan melalui pemanfaatan IT pembelajaran. Selama ini IT yang digunakan adalah IT pendataan.

“IT pembelajaran ditujukan untuk interaksi belajar-mengajar atau yang dikenal dengan nama Google for Education,” paparnya.

Pengembangan sentra edukasi yang berada pada tingkat sekolah, memiliki makna filosofi belajar yang baik tidak harus dalam kelas, dalam suasana diam tetapi memobilisasi anak dalam belajar, mengamati lingkungan dan membuat laporan. Artinya, siswa tidak lagi ditempatkan sebagai objek tapi sebagai pelaku (subjek).

Terkait pembelajaran berbasis ramah anak, disyaratkan psikologis anak dalam suasana nyaman untuk mendukung penggunaan IT maupun sentra pembelajaran.

Konsep Inggris Camp katanya, siswa dibekali ilmu bahasa selama berada dalam camp sehingga siswa diharapkan mampu menyerap dan menguasai Bahasa Inggris.

Berbicara prestasi, Salam mengakui, Disdik Gowa meraih predikat pertama (sangat baik) dan akuntabilitas layanan pendidikan (sangat baik). (alfian)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN