Kegiatan Pengawasan APBD Prov. Sulsel, Titik Pertama Rangga Laksanakaqn Di Kelurahan Malewang Takalar

SOROTMAKASSAR - Takalar

Penghujung bulan Desember 2023, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fahruddin Rangga melaksanakan kegiatan pengawasan APBD Provinsi Sulawesi Selatan sebagai titik pertama di Kelurahan Malewang Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar, Selasa (26/12/2023)

.Dihadiri berbagai representasi elemen tokoh masyarakat petani, tokoh agama, pemuda dan elemen lainnya yang ada di kelurahan tersebut. Undangan yang di sebar penyelenggara sebanyak 150 lembar, namun peserta melebihi jumlah undangan yang diedarkan tenaga pendamping dan petugas tenaga lapangan. Kegiatan ini tetap menghimbau pentingnya tetap menggunakan masker.

Fahruddin Rangga dari Fraksi Partai Golkar dalam uraiannya menjelaskan berbagai fenomena dan masalah dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan sehingga muncul gagasan untuk mendorong adanya kegiatan pengawasan yang menjadi salah satu tugas konstitusi agar diprogramkan dalam Rencana Kerja (Renja) DPRD Sulsel Tahun 2023.

“Penggunaan anggaran APBD Provinsi Sulawesi Selatan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan menjadi bagian yang harus diawasi pelaksanaannya. Seluruh elemen masyarakat, dan kegiatan tatap muka pelaksanaan pengawasan dapat diikuti dan dihadiri masyarakat”,ujar Rangga.

Sebagai pembicara tunggal dalam kegiatan pengawasan ini Rangga lebih banyak mendorong dan memberi penjelasan tentang maksud serta tujuan dari kegiatan pengawasan yang menjadi program tahunan dalam renja DPRD Sulsel.

“Sesungguhnya kurangnya informasi masyarakat dan rendahnya kualitas terhadap sasaran capaian dari setiap bantuan yang menggunakan anggaran prov. sulsel, sehingga untuk mengoptimalkan setiap penggunaan APBD Sulsel, tentu butuh memaksimalkan fungsi pengawasan, sehingga dapat mengantisipasi kebocoran penggunaan anggaran dan tingkat kualitas setiap pekerjaan dapat dijaga”sambung Rangga.

Lebih jauh Rangga menambahkan, pemantauan dan pengawasan secara langsung, untuk mendapatkan masukan dan informasi dari masyarakat sangat diperlukan agar setiap penggunaan APBD tepat sasaran dan mendorong percepatan laju pertumbuhan dan perputaran ekonomi di wilayah kelurahan, yang tentu secara umum implikasinya diharapkan dapat semakin mendorong percepatan peningkatan perekonomian di wilayah Sulawesi Selatan.

Kegiatan pengawasan ini diharapkan menjadi mendiator utama untuk menyampaikan secara luas ke masyarakat lainnya tentang maksud dari kegiatan pengawasan ini, sehingga dengan demikian masyarakat luas akan memahami maksud, tujuan dan sasaran penggunaan APBD Provinsi Sulawesi Selatan”, harap Rangga.

Salah satu tokoh masyarakat Kelurahan Malewang, Dg. Gassing dalam sesi tanya jawab menyampaikan harapan agar saluran irigasi yang ada di kelurahan malewang dapat diperhatikan dan menjadi bagian yang mendapat prioritas dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebagai penutup, Rangga selaku penanggungjawab kegiatan pengawasan mengharapkan agar kualitas pekerjaan dan sasaran bantuan dapat terjaga dibutuhkan peran serta dan keaktifan masyarakat dalam mengawasi setiap kegiatan yang menggunakan APBD Provinsi Sulawesi Selatan. (*rk)

Politik

Pendidikan

Opini

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN