Pemerintah Desa Pulau Harapan Selenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Penanggulangan Bencana


SOROTMAKASSAR -- Sinjai.

Pemerintah Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau-pulau Sembilan, menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Penanggulangan Bencana di Aula Kantor Desa Pulau Harapan, Senin (23/09/2019).



Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang diwakili oleh Kasi Kesiapsiagaan BPBD Syamsul Ahmad, Dinas Sosial dari perwakilan TAGANA Abd. Haris dan Relawan dari PMI Drs. Muhannis sebagai narasumber.

Kepala Desa Pulau Harapan H. Ambo Sakka dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan pemahaman pengetahuan warga dalam hal upaya kesiapsiagaan baik dalam menghadapi maupun setelah terjadi bencana.

"Kami laksanakan kegiatan ini dengan menggunakan Anggaran Desa tahun 2019, meski anggaran yang kami gunakan sangat minim, tetapi tidak menggugurkan kehadiran para peserta yang sangat antusias dan menyimak materi yang diberikan oleh narasumber," ucapnya.

Ambo Sakka menambahkan, pemahaman akan pentingnya kesiapsiagaan bencana wajib diketahui oleh masyarakat, mengingat letak dan kondisi geografis wilayah Desa Pulau Harapan sangat rentan dengan bencana, utamanya gempa bumi, tsunami, angin puting beliung, kebakaran dan korban tenggelam.

Sementara itu salah satu narasumber dari BPBD Sinjai Syamsul Ahmad, memberi apresiasi kepada pemerintah desa setempat yang melaksanakan sosialisasi ini sebab ini memang sudah menjadi urusan wajib bagi pemerintah setempat dalam memberikan pengetahuan kepada warga dalam hal mengurangi resiko jika terjadi bencana.

"Sosialisasi ini merupakan desa pertama di tahun ini yang melakukan kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bencana walau sifatnya masih dalam tahap semacam workshop  kepada masyarakat, tetapi dengan melihat antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan ini, tentu menjadi bahan pengetahuan dan pengalaman bagi masyarakat itu sendiri agar lebih waspada dan berhati-hati," katanya.

Kedepan BPBD Sinjai berharap kesemua desa juga melakukan kegiatan yang sama sehingga sinergitas bisa berjalan dengan baik dari pemerintah dengan masyarakat khususnya terkait dengan kebencanaan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 orang yang berasal dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan dari UPTD Puskesmas Pulau Sembilan, Remaja, dan Siswa-siswi serta staff Pemerintah Desa Pulau Harapan. (AaN)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN