Gubernur Sulsel Ajak Stakeholder Jaga Ekosistem Laut di 330 Pulau


SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah mengajak stakeholder agar menjaga ekosistem laut di 330 pulau di Sulsel.

Hal tersebut disampaikan langsung pada acara launching "Garuda di Laut Ku" yang digelar TNI Angkatan Laut, di Gedung Wisma Negara, Jumat (17/01/ 2020) malam.

Gubernur Sulsel menyampaikan kepada Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan seluruh rombongan bahwa Sulsel memiliki 330 pulau yang sangat indah untuk dinikmati, namun sedikit banyaknya ada sudah tidak bagus lagi terumbu karangnya, dikarenakan adanya proses pemboman ikan.

"Saya meyakini memiliki terumbu karang yang sangat indah sekali, tapi terumbu karang kita banyak juga yang rusak akibat penggunaan bom," kata Prof Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

Olehnya itu, Gubernur Sulsel berharap dengan adanya inisiatif dari TNI AL untuk memelihara terumbu karang bekerjasama dengan Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar yang sudah terjalin ini, akan mudah untuk mengatasi kerusakan terumbu karang ini.

"Kalau pulau ini kita maksimalkan saya yakin kesejahteraan masyarakat yang ada di pulau-pulau ini terjamin," ungkap mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

Pemprov Sulsel sendiri tentunya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada TNI AL atas partisipasinya menjaga dan memelihara ekosistem laut di Sulsel.

"Pemprov Sulsel mengapresiasi kegiatan ini yang melakukan pemeliharaan terumbu karang itu adalah seluruh biota laut. Oleh karena itu Pemprov menyampaikan terimakasih dan penyampaian yang sangat tulus, karena telah menggagas kegiatan dan ini mendapat pahala dari Allah SWT," jelas kepala daerah dengan sejuta karya ini.

Dirinya juga berharap semoga kegiatan semacam ini bisa di ikuti oleh seluruh provinsi lain se-Indonesia. Sebab pemeliharaan terumbu karang sangat penting untuk dilakukan.

Sementara, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengaku, kegiatan yang dilakukan TNI AL ini sangat luar biasa, kegiatan ini juga bukan hanya simbolis begitu saja.

"Bukan hanya simbolis saja, tapi harus dikerjakan dan terapkan TNI Angkatan Laut beserta masyarakat untuk melestarikan ekosistem laut dan menjaga bersama," katanya.

Menurut Sukma Adji, acara ini dapat dijadikan titik awal untuk masyarakat kita, bagaimana menjaga ekosistem laut, khususnya di Sulsel. Karena, selama ini kerusakan ekosistem laut dari ulah manusia yang mengendepankan kepentingan pribadi.

"Saya mengapresiasi kepada bapak Gubernur Sulawesi Selatan dan seluruh Forkompinda, Ketua DPRD dan seluruh anak muda dan seluruh akademisi. Karena siapa yang melindungi dan menjaga laut berarti dia menyediakan untuk generasi penerus," pungkasnya. (*)
 

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN