Penelitian Baligbanda Gowa Dukung Peningkatan Kinerja Daerah

Pin It

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Dua hasil penelitian yang didesiminasikan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baligbanda) Kabupaten Gowa diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja pemerintah daerah.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa H. Muchlis saat membuka Desiminasi Hasil Kajian dan Penelitian Kelitbangan di Hotel Grand Celino Makassar, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Rabu (04/12/2019).

"Kajian-kajian penelitian seperti ini kedepannya harus lebih digencarkan lagi dan lebih diintensifkan lagi sejalan dengan visi Baligbanda Kabupaten Gowa yaitu sebagai poros perumus kebijakan dan inovasi daerah," katanya.

Apalagi, lanjut Muchlis, kajian-kajian penelitian tersebut pada hakikatnya ditunjukkan untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah dan pelayanan publik yang secara optimal akan mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Olehnya, kedepannya kajian penelitian seperti ini juga tidak dibatasi hanya berasal dari pemerintah daerah saja, melainkan dibuka seluas-luasnya bagi masyarakat untuk berkontribusi dan mengambil peran penting dalam menyusun model penelitian atau kajian-kajian semacamnya.

"Desiminasi adalah tindakan inovasi yang diadakan berdasarkan sebuah perencanaan yang matang dengan pandangan jauh kedepan baik melalui diskusi maupun forum lainnya dengan tujuan menghasilkan kesepakatan sehingga dapat ditindaklanjuti hasil kajiannya," ujarnya.

Sementara Kepala Baligbanda Kabupaten Gowa H. Abdul Salam mengungkapkan, pada desiminasi tersebut ada dua hasil penelitian yang akan dipaparkan yakni Penelitian Pengembangan Kesehatan Olahraga di Kabupaten Gowa yang dipaparkan Tenaga Pengajar pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UNM, Prof. DR. A. Ihsan, M.Kes, AIFO dan Potensi Air Panas Pencong, di Kecamatan Biringbulu yang dipaparkan Tenaga Pengajar Politeknik Pariwisata Makassar Dr. Ahmad Ab, A.Md.Par, SE, M.Si.

Dalam pertemuan tersebut ada 60 peserta yang hadir mereka terdiri dari SKPD terkait, UPTD puskesmas hingga pemerintah kecamatan. Adapun manfaat dari desiminasi tersebut antara lain, mendorong pemanfaatan hasil-hasil Kelitbangan secara luas, terutama dalam mewujudkan kebijakan berbasis Kelitbangan, mendorong pengakuan atas hal kekayaan intelektual (HKI), mendorong terwujudnya kolaborasi dan kerjasama kelitbangan baik dari aspek perencanaan maupun pemanfaatan hasil-hasil kelitbangan, dan terpenting meminimalisir terjadinya plagiat pada hasil kajian penelitian. (alfian)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN